PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS MEMUAT KETERAMPILAN 4C MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21

Fuji Lamhatin, Dyah Ayu Fajarianingtyas, Anik Anekawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat validitas instrumen, peningkatan keterampilan 4C dan respon siswa dan guru di MTs Nurul Huda Kecamatan Rubaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developmentmodel pengembangan Dick And Carry. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil uji coba yang diperoleh untuk mengetahui tingkat validitas instrumen HOTS dalam pembelajaran IPA menunjukkan rata-rata skor total CVR dan CVI ≥ 1 (layak), peningkatan keterampilan 4C a) keterampilan komunikasi mengalami peningkatan mencapai 51,79% b)  keterampilan kolaborasi 51,79%  c) keterampilan berpikir kritis 67,86%.  d) keterampilan berpikir kreatif 54,46% dengan kriteria terdapat peningkatan yang cukup signifikan. Respon positif siswa adalah 67,5% dan respon guru dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat tercapai.


Keywords


Penilaian HOTS, Keterampilan 4C, Abad 21

Full Text:

PDF

References


Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., & Rumble, M. (2010). Draft white paper 1: Defining 21st century skills. Available Online Also at: Http://Cms. Education. Gov. Il/NR/Rdonlyres/19B97225-84B1-4259-B423-4698E1E8171A/115804/Defining21stcenturyskills. Pdf [Accessed in Kota Kinabalu, Malaysia: April 15, 2015].

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Chu, S. K. W., Reynolds, R. B., Tavares, N. J., Notari, M., & Lee, C. W. Y. (2021). 21st century skills development through inquiry-based learning from theory to practice. Springer.

Collins, R. (2014). Skills for the 21st Century: teaching higher-order thinking. Curriculum & Leadership Journal, 12(14).

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. (2017). Hari Sekolah: Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017. 1–9.

Femi, A. F. (2013). Perception of performance appraisal and workers’ performance in Wema Bank Headquarters, Lagos. Global Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 1(4), 89–101.

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 5.

Hatcher, D. L. (2013). Is critical thinking across the curriculum a plausible. University Of Windsor Scholarship at UWindsor.

Hendrick, C. E., & Hendrick, S. S. (2000). Close relationships: A sourcebook. Sage Publications, Inc.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan instrumen penilaian hots berbasis kurikulum 2013 terhadap sikap disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123–142.

Resnick, L. B., & Mathematics, S. N. R. C. (US). C. on R. in. (1987). Education and learning to think.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge.

Treffinger, D. J., Young, G. C., Selby, E. C., & Shepardson, C. (2002). Assessing Creativity: A Guide for Educators. National Research Center on the Gifted and Talented.

Vista, A., Kim, H., & Care, E. (2018). Use of Data from 21st Century Skills Assessments: Issues and Key Principles. Center for Universal Education at The Brookings Institution.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.30-38

Article Metrics

Abstract view : 652 times
PDF - 466 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.