PENGARUH PRAKTIKUM ALTERNATIF SEDERHANA TERHADAP BASIL BELAJAR KIMIA SISWA MAN PANDAN

Laila Tussifah Lubis

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil be/ajar siswa pada materi asam-basa di kelas XI IPA MAN Pandan. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kimia masih kurang tepat dan kurang bervariasi sehingga belum mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Praktikum Altematif Sederhana (PAS) terhadap hasil be/ajar kimia siswa pada materi asam-basa di kelas XI IPA MAN Pandan tahun ajaran 201312014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Praktikum Alternatif Sederhana (PAS) dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Hasil belajar dengan metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung.Dari hasil pretest kedua kelas sampel diperoleh rata-rata nilai yang hampir sama yaitu 69,31 dan 64,54. Setelah diberikan perlakuan dengan metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) dan tanpa metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS). Pada kelas dengan metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) diperoleh nilai postest rata-rata sebesar 82,73 sedangkan kelas dengan metode Pembelajaran Langsung diperoleh nilai rata-rata postest 67,5. Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah metode Praktikum Altematif Sederhana (PAS) berpengaruh dalam peningkatkan hasil be/ajar siswa pada materi asam basa kelas XI IPA di MAN Pandan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru menerapkan metode tersebut untuk meningkatkan hasil be/ajar kimia siswa.

Kata Kunci:    Hasil Be/ajar, Praktikum Alternatif Sederhana (PAS), asam­ basa.

References


Arifin, M. 200. Strategi Be/ajar Mengajar. Bandung : FMIPA UPI

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Dimyati. 2006. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta :Bumi Aksara Djamarah, Syariful Bahri dan Zain. 2011. Strategi Be/ajar Kimia. Jakarta :Bineka Cipta Ghani, Junaidi. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta :PT. Raja Grafindo Persada

Hamzah. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta :Kencana Aksara

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2003. Pembelajaran Kooperatif Surabaya :Unesa University Pres. Irianto, Agus. 2010. Statistik. Jakarta :Kencana Prenada Media Group

Justiana, Sandi dan Muchtaridi. 2009. Kimia. Jakarta: Yudhistira Margono. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara

Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Strategi Baru. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.

Ngabidin, Minhajul. 2006. Enjoyfall Learning dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta :KGI Slameto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sukiman. 2006. Pembelajaran Kimia Alternatif Jakarta :Rineka Cipta

Sunarya,Yayan dan Agus Setiabudi. 2007. Mudah dan Aktif Be/ajar Kimia. Bandung: PT. Setiapuma Invers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v2i1.55-61

Article Metrics

Abstract view : 1253 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.