PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

Afwan Tarihoran

Abstract


Pembelajaran STAD (Student Team Achievemet Devisions) merupakan satu tipe model pembelajaran kaperatif Pelaksanaan pembelajaran STAD berbantuan teknologi informasi tetap mengacu kepada Jase-Jase pembelajaran STAD, tetapi dalam penyampaian informasi/ materi menggunakan teknologi informasi program microsoft PowerPoint. Pemanfaatan teknologi informasi program microsoft PowerPoint diharapkan akan semakin meningkatkan prestasi dan aktivitas be/ajar biologi siswa. Bagaimana peningkatan prestasi dan aktivitas be/ajar biologi siswa merupakan masalah yang perlu mendapatkan pemecahan melalui suatu penelitian. Pembelajaran STAD berbantuan teknologi iriformasi program microsoft Power Point dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas be/ajar biologi. Hal ini berdasarkan hasil Penelitian Tindak Ke/as (PTK) yang dilaksanakan pada kelas XII Agribisnis Tanaman Perkebunam SMK Negeri 1 Marancar. Prestasi be/ajar biologi pada siklus 1menunjukkan nilai rata-rata 76,15, siklus II 76,92 dan siklus III 79,42 dan aktivitas be/ajar menunjukkan persentase rata-rata pada siklus I 56,25% siklus II 75,00% dan siklus III 81,25%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru sebagai pendidik profesional harus senantiasa berupaya meningkatkan kualitas proses dan prestasi be/ajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan metode yang bervariasi serta berorientasi pada siswa. Pembelajaran STAD berbantuan teknologi informasi program microsoft PowerPoint merupakan satu altematif dalam upaya memecahkan masalah meningkatkan prestasi dan aktivitas be/ajar biologi siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran STAD, Microsoft PowerPoint.

References


Ali Akbar, 2006. Panduan Panduan Cepat Menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi Yogyakarta: Gava Media

Arikunto Suharsimi, dkk, 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: BUIDi Aksara Asrori Muhammad, 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Wacana Prima Aqib Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, Bandung: Yrama Widya Depdiknas, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Be/ajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Be/ajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kusnadi, Priyandoko Didik, Biologi Untuk SMA dan MA Kelas XII, Jakarta: Piranti Darma Kalokatana

Kusumah Wijaya dan Dwitagama Dedi, 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks

Riandri Hermy, 2007. Sains Biologi 3, Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Setyaningsih Elco, 2007. Sains Biologi 3 SMA!MA Kelas XII, Jakarta: Sinar Grafika SUIDiati dan Asra, 2007. Metode Pembelajaran , Bandung: Wacana Prima

Susilana Rudi dan Riyana Cepi, 2007. Media Pembelajaran Hakekat Pengembangan, pemanfaatan danpenilaian, Bandung: Wacana Prima

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v2i1.40-52

Article Metrics

Abstract view : 1111 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.