PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KARANGNUNGGAL

VITA MEYLANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibantu Fishbone Diagram  terhadap keterampilan proses sains peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Juni 2017 di SMA Negeri 1 Karangnunggal. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Karangnunggal sebanyak 7 kelas yang terdiri dari 265 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan proses sains yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibantu Fishbone Diagram  terhadap keterampilan proses sains peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal.


References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmoko H. 2013. Teknik Ilustrasi Masalah-Fishbone Diagrams. Magelang (ID): Pusdiklat SDM Balai Penelitian dan Pendidikan Keuangan.

Doggett, A. Mark. (2005). Root Cause Analysis: A Framework For Tool Selection. QMJ. (XII).

Hindrasti, Nur Eka Kusuma. (2014). “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen disertai Teknik Roundhouse Diagram dan Mind.

Prasasti, Pinkan Amita Tri. (2015). “Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) disertai Fishbone Diagram (FD) untuk Memberdayakan Kemampuan Menganalisis”. Premiere Educandum. (Desember, V). Madiun.

Rahmawati Listyaningrum. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Tri, Ismia. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Dipadu Diagram Fishbone Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. (Skripsi USM).

Wahyudi, Andi dan Marjono Harlita. (2015). “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Bio-Pedagogi 1:4. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v3i2.%25p

Article Metrics

Abstract view : 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.