UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTs MUHAMMADIYAH 7 HASAHATAN JULU

Muhammad Darwis

Abstract


Praktek pembelajaran disemua jenjang pendidikan di indonesia masih cenderung mengagungkan aspek intelektualitas dan lebih mementingkan hasil belajar domain kognitif. Akibatnya persoalan nilai, sikap, minat, kreativitas seringkali terabaikan. Oleh karena itu perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk menggunakan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran problem based learning (PBL) merupakan tindakan pemecahan yang dilakukan karena dapat meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan perkembangan dan pertumbuhan  di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Subjek penelitian adalah kelas VIII Mts. Muhammadiyah 7 Hasahatan Julu tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian yang di amati dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar, (2) kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam (IPA), (3) penerapan model pembelajaran problem based learning. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Alat pengumpulan data berupa tesuntuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir siswa sebagai kreativitas belajar. Analisis data kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran diambil dari tes kreativitas belajar siswa dengan pendekatan PBL menggunakan statistik deskriptif untuk mengklasikasikan secara aktif.Pada siklus I siswa dengan nilai tuntas hanya 57,15%. Sedangkan lembar observasi aktivitas belajar biologi siswa diambil suatu kesimpulan bahwa aktivitas siswa dalam belajar tergolong rendah yaitu 49,5%. Dari hasil ini akan diupayakan pada siklus berikutnya agar hasil belajar biologi siswa dapat meningkat, sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pada siklus kedua siswa dengan nilai tuntas mencapai 85,72%. Sedangkan aktivitas belajar siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 50,78%.

 

Kata Kunci : Kreativitas, Problem Based Learning, Hasil Belajar



DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i2.%25p

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.