BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Eko Syaiful Anwar, Teguh Wibowo, Isnaeni Maryam

Abstract


The aim of the research is to describe students creative thinking in solving mathematical problems during the pandemic Covid 19. The type of this research is descriptive research with a phenomenological approach. A subject chosen by using purposive technique. The subject of research consisting from 2 students with high ability. Data collection techniques using test, interviews, and field notes. The research instrument was in the form of student’s creative thinking test on geometry material and interview guidelines. The validity of data with triangulation technique. The result of this research is student with high ability have creative thinking level 3 (creative). The student were able indicator fluency and flexibility. Indicator of fluency is characterized by ability of students to provide answers that are diverse and is true. While, the indicator of flexibility is characterized by ability of students to use different methods or approaches in solving mathematical problem and is true value.


Keywords


creative thinking, problem solving, covid-19

Full Text:

PDF

References


Arifani, N. H., Sunardi, S. & Setiawani, S. 2015. Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember, SMP AL Furqan, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI1 Rambipuji. Kadikma, [S.1.],v.6, n.2, aug.2015. ISSN 2686-3243.

BSNP. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Fuady, A. 2017. Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 1 No. 2 P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391, hal. 104-112. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Islam Malang.

Hariyani, I. T. 2012. Hubungan Keaktifan Bertanya Dengan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMPN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Herdani, P. D. & Ratu, N. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, Volume 2. No. 1, April 2018.

Kusuma, J. W. & Hamidah, H. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 5 No. 1, P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 25028391. Serang: Universitas Bina Bangsa.

Lisliana, Hartoyo, A., Bistari. 2012. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga Di SMP. Jurnal, Pendidikan Matematika Vol 1(1):1-11.

Maxwell, J. C. 2004. Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam: Karisma Press.

Novianti, F. & Yunianta, T. N. H. 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Maju, Volume 5 No. 1, Maret 2018; 120-132.

Rahmatina, S., Sumarmo, U. & Johar, R. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, Vol 1 No. 1, April 2014.

Saefudin, A. A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistic (PMRI). Al-Bidayah, Vol 4 No. 1, hal 37-48.

Silviani, Rika. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Tesis, Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala.

Siswono, T. Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

SyahAji, R. H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Vol. 7 No. 5.

Yensy, N. A. 2020. Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5(2), Juni 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i1.29-36

Article Metrics

Abstract view : 1742 times
PDF - 1004 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.