ANALISIS PERKEMBANGAN ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 11 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains kimia siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan. Peningkatan tersebut dilakukan melalui pembelajaran literasi sains dan teknologi dalam pembelajaran kimia di SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama 2 bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X2yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan adalah, Observasi dan Tes. Alatpengumpulan data berupa tes untuk mengukur hasil belajar kimia.Hasil analisis dengan anava dua jalan dengan sel tak sama menunjukkan (1) Pembelajaran dengan literasi sains dan teknologi yang diterapkan terhadap siswa memperoleh hasil belajar kimia yang berbeda (Fa = 27,28 dengan nilai Ftabel = 4,02);(2) Siswa dengan kemampuan keterampilan proses sains tinggi, sedang, dan rendah memiliki hasil belajar kimia yang berbeda (Fb = 19,64 dengan nilai Ftabel = 3,17) hasil belajar kimia antara siswa pada setiap tingkat kemampuan keterampilan proses sains untuk masing-masing pembelajaran adalah tidak berbeda (Fab = 24,16 dengan Ftabel = 3,17). Hasil observasi penilaian kemampuan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada kelas eksperimen didapat rata-rata 3,0 dengan persentase 75% dengan kualifikasi baik, sedangkan untuk kelas kontrol didapat rata-rata 1,8 dengan persentase 45% dengan kualifikasi cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pertama, hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit yang diajarkan dengan pembelajaran literasi sains dan teknologi meningkat dengan rata-rata 80,41 . Kedua, hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit yang diajarkan dengan pembelajaran literasi sains dan teknologi lebih tinggi dan kemampuan keterampilan proses sains siswa lebih berkembang dibanding dengan kegiatan pembelajaran yang tidak menerapkan pemebelajaran literasi sains dan teknologi di SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan.
Kata Kunci : pemebelajaran literasi sains, dan kemampuan keterampilan proses sains
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i2.%25p
Article Metrics
Abstract view : 2076 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1111 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.