PROSES BERPIKIR ALJABAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis open-ended. Metode penelitian yang digunakan adalah telaah literatur kepustakaan melalui buku, jurnal, dan penelitian sebelumnya yang serupa. Hasil telaah dari berbagai literatur adalah terdapat tiga proses dalam berpikir aljabar ketika siswa dihadapkan pada masalah berbasis open-ended meliputi memahami pola, merepresentasikan, dan menyelesaikan. Pada tahap pertama yaitu memahami pola siswa memahami pola yang ditunjukkan dengan menuliskan pernyataan penting pada soal atau menyatakan pola dalam bentuk gambar. Pada tahap merepresentasikan siswa melakukan manipulasi simbolik pada pola dalam bentuk persamaan yang memuat koefisien, variable, dan konstanta. Pada tahap menyelesaikan siswa menggunakan strategi yang tepat sehingga mendaoat berbagai alternative jawaban benar. Open-ended dapat terlihat ketika siswa melewati tahap memahami pola dan menyelesaikan.
Kata Kunci: berpikir aljabar, proses berpikir aljabar, masalah open-ended.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i1.%25p
Article Metrics
Abstract view : 417 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.