PROSES BERPIKIR ALJABAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED

siti nurcholifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis open-ended. Metode penelitian yang digunakan adalah telaah literatur kepustakaan melalui buku, jurnal, dan penelitian sebelumnya yang serupa. Hasil  telaah  dari berbagai literatur adalah terdapat tiga proses dalam  berpikir aljabar ketika siswa dihadapkan pada masalah berbasis open-ended meliputi memahami pola, merepresentasikan, dan menyelesaikan. Pada tahap pertama yaitu memahami pola  siswa  memahami pola yang ditunjukkan dengan menuliskan pernyataan penting pada soal atau menyatakan pola dalam bentuk gambar. Pada tahap merepresentasikan siswa melakukan manipulasi simbolik pada pola dalam bentuk persamaan yang memuat koefisien, variable, dan konstanta.  Pada tahap menyelesaikan siswa menggunakan strategi yang tepat sehingga mendaoat berbagai alternative jawaban benar. Open-ended dapat terlihat ketika siswa melewati tahap memahami pola dan menyelesaikan.

 

Kata Kunci:  berpikir aljabar, proses berpikir aljabar, masalah open-ended.

 

 




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i1.%25p

Article Metrics

Abstract view : 417 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.