PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA MAHASISWA STKIP TAPANULI SELATAN

Rahmatika Elindra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran creative problem solvingterhadap kemampuan berpikir kreatif matematikamahasiswa pada topik teknik integrasi di STKIP Tapanuli Selatan.Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan 50 mahasiswa sebagai sampel. Analisis deskriptif dan inferensial digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa: (1) rata-rata penggunaan model creative problem solving adalah 83,12 (kategori baik), (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika mahasiswa pada topik teknik integrasi adalah 3,17 (kategori baik), Dan (3) thitung lebih besar dari ttabel (9.628> 1,67).

 

Kata Kunci: creative problem solving, berfikir kreatif, matematika




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v2i2.89-91

Article Metrics

Abstract view : 977 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1561 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.