PENERAPAN TEKNIK PROBING DAN PROMPTING TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI BERBANTU GOOGLE FORM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Fatma Suryani Harahap, Heni Mulyani Pohan, Elisa Elisa, Rabiyatul Adawiyah Siregar, Nur Sahara, Nurkholidah Siregar, Sahlan Tuah

Abstract


The application of probing and prompting techniques is the application of science and technology by conducting investigations or examinations by relating questions in the form of cause and effect aimed at encouraging or guiding the achievement of satisfactory learning outcomes. The application of probing and prompting techniques as a source of independent learning because it requires the involvement of students in exploring and guiding learning. The application of probing and prompting techniques is expected to make students more interactive in learning. So that student curiosity can increase in accordance with the expected learning objectives. This research was motivated because probing and prompting techniques had never been applied at SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. This study aims to determine whether there is an influence of the application of probing and prompting techniques on students' curiosity and learning outcomes on oxidation reduction reaction material in class X MIA SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. The data on the curiosity test of students in the experimental class was with an average of 49.37 and in the control class was with an average of 49.17, so students' curiosity was higher in the experimental class. Then classes that used Probing and Promting techniques obtained an average learning outcome test of 36.47 to 79, so there was an increase.


Keywords


Teknik Probing Prompting, Hasil Belajar, Rasa Ingin Tahu

Full Text:

PDF

References


A. Muhson. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. J. Pendidik. Akunt. Indones, 8(2).

Amir N, RusmonoD, S. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Peningkatan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Edutcehnologia, 3(2).

Andromeda, Vivi Olivia Susanti, E. (2018). Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Prompting untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 12(12).

Aulia Diana Sari, U. S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BABADAN. Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2), 56–65.

Danaryanti, T. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14.

Eka Apriyanti, Ninah Wahyuni Amaliah, E. N. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. BIOLOGY AND EDUCATION JOURNAL, 2(2), 44–54.

Fauziyah, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 8 (Ekosistem) Siswa Kelas V Sdn Wiyung I Surabaya. JPGSD, 5(3), 533–542.

H. B. Uno. (2011). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial.(cetakan ke-13). Gajah Mada University Press, Yogyakarta, Hal, 176.

Ritonga, K. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts.S YPII Kotarih. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 2(4), 86–98.

S. Zahara. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI SCHOOLOGY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 BANDA ACEHEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI SCHOOLOGY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 BANDA ACEH. PENCERAHAN, 14(2), 177–199.

A. Muhson. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. J. Pendidik. Akunt. Indones, 8(2).

Amir N, RusmonoD, S. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Peningkatan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Edutcehnologia, 3(2).

Andromeda, Vivi Olivia Susanti, E. (2018). Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Prompting untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 12(12).

Aulia Diana Sari, U. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2), 56–65.

Danaryanti, T. (2016). Penerapan Model Probing Prompting Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–14.

Eka Apriyanti, Ninah Wahyuni Amaliah, E. N. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. BIOLOGY AND EDUCATION JOURNAL, 2(2), 44–54.

Fauziyah, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 8 (Ekosistem) Siswa Kelas V Sdn Wiyung I Surabaya. JPGSD, 5(3), 533–542.

H. B. Uno. (2011). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial.(cetakan ke-13). Gajah Mada University Press, Yogyakarta, Hal, 176.

Ritonga, K. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts.S YPII Kotarih. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 2(4), 86–98.

S. Zahara. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Schoology Di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Banda Acehefektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Schoology Di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Banda Aceh. Pencerahan, 14(2), 177–199.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i1.34-39

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.