ANALISIS PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA BANDAR JAWA DUSUN VIII TERHADAP KESADARAN PENGHIJAUAN PADA LINGKUNGAN

Elifia Dwi Utami, Muhammad Syafi’i, Serly Kusnia Handayani

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis terkait dengan pemahaman masyarakat Desa Bandar Jawa Dusun VIII terhadap kesadaran akan menghijauan pada lingkungan. Adapun Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif dengan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada Desa Bandar Jawa Dusun VIII. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang tinggal di Desa Bandar Jawa Dusun VIII. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan instrument berupa angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman masyarakat Desa Bandar Jawa Dusun VIII terhadap kesadaran penghijauan pada lingkungan sekitar tergolong tinggi yang dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang di cantumkan dalam bentuk tabel diatas. Dalam hal ini responden yang berusia 19-40 tahun diberikan beberapa pertanyaan terkait dengan topik pembahasan dalam penelitian ini dengan memperoleh hasil presentasi tinggi terhadap pemahaman masyarakat akan reboisasi lingkungan sekitar.

Keywords


Pemahaman; Reboisasi; Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Azzahro, Haydar, Firdina, Dkk. 2022. Analisis Pemahaman Masyarakat Telang, Kamal Terhadap Kesadaran Akan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Natural Science Research, No. 5 Vol. 2, 138 – 144.

Fatma Nento & Nolfi S. Tueno. 2019. Faktor-Faktor Penghambat Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Reboisasi Di Kecamatan Bulangu Ulu Kabupaten Bone Bulango. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, No. 2 Vol. 6, 106 – 114.

Gie, Liang. 2010. Pengertian, Kedudukan dan Perincian Administrasi. Yogyakarta: Direvisi oleh Sutarto. Liberty. Hubeis, A.V.S. 2011. Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan. LPPM IPB. Bogor.

Khalid, Z., Sitorus, A. P., & Sitepu, R. 2021. Peningkatan Pemahaman dan Kepedulian Masyarakat Desa Terhadap Lingkungan Mangrove Di Pantai Muara Indah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Of Community Service, No. 3 Vol. 2, 99 – 109.

Mando, Salim, Agus, Ode, La, Dkk. 2020. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Reboisasi Kawasan Hutan Jati Di Desa Lakologou, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna. Jurnal Kehutanan Indonesia Celebica, No. 1 Vol. 1, 65 – 75.

Okke Rosmaladewi, dan Lilis Irmawatie. 2015. Kemitraan Multistakeholder Dalam Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat Di Kawasan Hutan Darajat Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, No. 1 Vol. 5, 28 – 36.

Rusdiansyah & Muh Husein Baysha. 2021. Pelestarian Lingkungan Dengan Konsep Penghijauan Daerah Aliran Sungai Desa Tekasire Kabupaten Dompu. Jurnal Pijar Mandiri Indonesia, No. 3 Vol. 1, 84 – 89.

Siagian, P. Sondang. 2011. Patologi Birokrasi: Analisis, Identifikasi Dan Terapinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaitf Kualitaitif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soetrisno. 2014. Menuju Masyarakat Partisipatif. Penerbit Karnisius: Yogyakarta.

Wahyu, Sariman, Dkk. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Hutan Disekitar Kebun Kelapa Sawit Desa Lembang Hijau 1 Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Jurnal Hutan Lestari, No. 3 Vol. 5, 680 – 687.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.268–273

Article Metrics

Abstract view : 444 times
PDF - 327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.