PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS ALGODOO MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Evitamala Siregar, Sri Utami Kholila Mora Siregar

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media pembelajaran fisika yang menarik minat siswa dalam proses belajar fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran virtual berbasis Algodoo pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development) dengan mengadopsi model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun, dalam penelitian ini, fokus hanya diberikan pada tahap pengembangan (development) karena adanya keterbatasan waktu untuk melakukan penelitian secara menyeluruh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi yang terdiri dari 20 pernyataan yang menilai empat aspek, yaitu penyajian, isi materi, desain media, dan bahasa..Hasil penelitian ini diperoleh nilai validitas menggunkan skala Likert 1 sampai 4 menunjukkan rata-rata nilai pada aspek penyajian dan aspek desain media 92,5% dan uji reliabilitas 97,29%. Pada aspek isi materi uji validitas 82,5% dan uji reliabilitas 96,97%, dan yang terakhir pada aspek bahasa rata-rata uji validitas 92,5 % dan uji reliabilitas 94,74%.

Keywords


Algodoo, Pengembangan Media Virtual

Full Text:

PDF

References


Aprianto,W., Sartika, D., & Hamzah, H.(2020). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Aplikasi Algodoo Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 3(1), 40.

Arpah, S., Tampubolon, T., A.(2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Classpoint Menggunakan Powerpoint Materi Energi Pada Tema 9 Siswa pada Kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA III “Inovasi Pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka”, 83.

Burhan, A. S., Limba, A., & Tuhurima, D. Penggunaan Media Pembelajaran Algodoo dalam Discovery Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Gerak Parabola. Sience Map Journal, 5(1), 29.

Hasyim, F., Wilujeng, I., & Krismandana, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis Algodoo v.2.1.0 pada Pokok Bahasan Archimedes. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM Banjarmasin, 69.

Ningsih, D. A., & Diyana, T. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika “Delight Physics Web” Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal UPI WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(1), 19.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(1), 95-103.

Rhiyanto, D., & Rachmadiarti, F.(2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada peserta didik kelas XII SMA/MA. Jurnal Bioedu Berkala Pendidikan Boilogi, 12(2).

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Solikhah, N. A., & Diyana, T. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Fitur Musik Instrumen untuk meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Alat Optik. Journal UPI WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(1), 5.

Sugiyono. (2017). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tanjung, R., & Sanjani, J. (2020).Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantu Algodoo Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(2), 2.

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Modul Elektronik di Era Revolusi 4.0 : Improving Stundents’ Learning Motivation Through Electronic Module Media in Industrial Revolution 4.0), 6(2) 145-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.241–249

Article Metrics

Abstract view : 476 times
PDF - 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.