Implementasi Concept Development Model Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Ekskresi

Reni Adetia, Cita Tresnawati, Uus Toharudin

Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diakibatkan kurangnya dukungan model dan media pembelajaran yang mampu membantu mereka meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui efektivitas implementasi concept development model berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi, serta tanggapan mereka terhadap proses pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis. Sejumlah 31 siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA Swasta di Bandung dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi concept development model berbantuan video animasi pada taraf signifikansi < 0,05 , artinya signifikan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan nilai N-gain 0,83 pada kategori tinggi. Hasil kemampuan memberikan penjelasan sederhana pada taraf 91%, membangun keterampilan dasar sebesar 85%, menyimpulkan sebesar 93%, membuat keputusan lebih lanjut sebesar 96% dan mengatur strategi dan taktik sebesar 97%. Selain itu respon terhadap pembelajaran yang dilakukan pada siswa menunjukan respon positif dengan rata-rata 78 pada kriteria baik. Secara keseluruhan concept development model dengan tahapan mencantumkan, pengelompokan, pelabelan, pengelompokan ulang dan sintesis menggunakan bantuan video animasi mampu mengorientasikan  kemampuan berpikir kritis siswa dengan baik.

Keywords


Concept development model, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Clara Hunt., Susan Gilkey. (1998). Teaching Mathematics in the Block.USA: Roatledge.

Clare R. Kilbane., & Natalie B. Milman. (2014). Teaching Models. USA: Perason Education

Costa, A. L. (1985). Develooping Minds : A Resource Book for Teaching Thinking (Revised Edition, Volume 1). Virginia : ASCD.

Fernanda, A., Sri Haryani, A. T., & Hilmi, M. (2019). Analisi Kemampuan Berpikir kritis siswa kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2326-2336.

Firdaus, R. J., Wahyuni, S., & Utomo, A. P. (2021). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Kontekstual Terhadap Kemampan Berpikir Kritis Siswa SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2).

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills. In Assessment and teaching of 21st century skills (Vol. 9789400723). https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5

Johson. Elaine B. 2010. Contextual Teaching and Learning Menjadikan kegiatan belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning.

Nafi’ah, I., Prasetyo, B. A. P., & Artikel, S. (2015). Analisis Kebiasaan Berpikir Kritis Siswa Saat Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 Berpendekatan Scientific. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Rahayu, T. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karangan Trenggalek. (Skripsi , Univeristas Muhamadiyah Malang), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213–224. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.945

Romiszowski, T. P. A. dalam C. R. D. and A. J. (1997). Instructional Development Paradigm. New Jersey: Educational Technology Publications, Inc.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sari, D. I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Video Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Peserta Didik Materi Virus Kelas X-IPA MA.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills How Critical Thinking Relates to Instructional Design. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2), 90–100.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Bernie Trilling, Charles Fadel-21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times -Jossey-Bass (2009). Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 243.

Zulkarnain. (2019). Improving Students’ Critical Thinking Learning In Chemistry Learning Using Preparing Dong Concluding Learning Model. 14(2), 96–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.235–241

Article Metrics

Abstract view : 468 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.