PENERAPAN INQUIRY-BASED INSTRUCTIONAL MODEL BERBANTUAN VIRTUAL LAB OLABS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas siswa saat penerapan inquiry-based instructional model berbantuan virtual lab OLabs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi dan mengetahui respon siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini memakai metode pre-experimental dengan One Group pretest-Posttest Design. Sampel penelitian yakni 28 siswa XI MIPA 4. Instrumen yang diterapkan yakni instrumen tes kognitif (C1, C2, C3, C4) dan non tes (lembar observasi dan angket). Hasil belajar siswa menyatakan tingkat N-gain 0,947 (tinggi) dan pada tahap signifikansi α= 0,05. Hasil rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif sebesar 98,16% (tinggi), ranah afektif sebesar 80,86% (sangat baik), dan ranah psikomotor 76,84% (baik). Hasil penelitian menyatakan yakni hasil belajar siswa pada ranah kognitif dalam kategori tinggi, terindikasi dari kemampuan mengajukan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menggeneralisasi temuan dan menganalisis proses. Hal ini didukung dengan adanya hasil respon siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan nilai sebesar 76,95%(baik). Pada temuan penelitian ini, bisa diambil kesimpulan yakni inquiry based instructional model efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi.
Kata Kunci: inquiry based instructional model, hasil belajar, sistem reproduksi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, W., Wahyano, U., & Darsikin, D. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Lab Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Palu. Media EKSAKTA, 16 (1), 17. https://doi.org/10.22487/me.v16i1.728
Fathurrahman, A., Sumardi., & Adi, Y, E., Sutji, H. 2019. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan 7 (2), 844. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334
Firdianti, A. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing: Lampung.
Haryoko, S., & Jaya, H. 2014. Laboratorium Virtual: Konsep dan Desain. Edukasi Mitra Grafika: Makassar.
Kilbane, C. R., & Milman, N. B. 2014. Teaching Models: Designing Instruction For 21st Century Learners. Washington: Pearson Education.
Lestari, E. T. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Depublish Publisher: Sleman.
Magdalena, I., Shodiqoh, A. F., & Pebrianti, A.R. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3 (2), 319. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Andyana, P. B. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kosntekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendididkan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9 (2), 73.
Ramadani, P. & Sri, Z. N. 2019. Peningkatan Hasil belajar Keterampilan Menjahit Rok Melalui Media Mock Up Di Kelas Tata Busana Siswa SLB Negeri 2 Padang. Gorga Jurnal Seni Rupa, 8 (1), 205. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13170
Rusandi, Serlis. 2017. Pola Pendekatan Evaluasi Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Jurnal Bawi Ayah 8 (1), 55.
Saputra, W, N, E, et al. 2018. Perbedaan Self-Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3 (3), 25. https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p131
Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Google Lens Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176–189. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5972
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Wibawanto, W. 2020. Laboratorium Virtual: Konsep dan Pengembangan Simulasi Fisika, LPPM UNNES: Semarang.
Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar. M. I. 2021. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (2) 16.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.250–259
Article Metrics
Abstract view : 272 timesPDF - 198 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.