PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8

Rizky Ariaji, Nasirsah Nasirsah, Salih Angraini Siregar

Abstract


One of the problems for chemical learning is that it is still the low development of teaching materials in the school so that students ' learning is still focused on teaching books provided by the schools. In this additional teaching materials in the form of instructional videos can affect students' learning will, so that students get a lot of information in the implementation of the learning process with the developed teaching materials by utilizing the source Existing natural resources around the students. The purpose of this research is to know the feasibility test of chemistry learning video using Camtasia Studio 8 and to know the opinion of teachers and lecturers of chemistry learning video using Camtasia Studio 8 on Class X odd semester developed in accordance with the BSNP standards. Research and Development (R&D) methods using 4-D Thiagarajan models include (define, design, develope, and disseminate). The research results for the average value of all aspects of eligibility standards based on the BSNP is 4.17 validity criteria of {Valid and no need for revision}.

 


Keywords


Teaching materials, Chemistry Learning video, Camtasia Studio 8.

References


Ariaji. R. dan Harahap, A. F. D. 2018. Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Terpadu Kelas VII Dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Pendidikan Biologi 7(2), 141-148.

Aulia, N. W dan Mia A. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA. Biodik 2(1), 20-26.

Helmi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Evolusi Berbantuan Aplikasi Camtasia Studio 8 Sebagai Sarana Pembelajaran IPA Biologi SMA. Mangifera.edu 1(1), 31-37.

Hidayatullah, P. Akbar, M. A. dan Zaky, R. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Informatika Bandung. Bandung.

Kinasih, A. W. Sunarno, and Sukarmin. 2018. Pengembangan Modul Fisika Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA,” J. INKUIRI 7(1), 29–38.

Latif, Y. Darmawijoyo. dan Ratu, I. I. P. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada Pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk siswa MTs. Jurnal Kreano 4(2), 105-114.

Lodang, H. Syamsiah. dan Ishak A. P. 2014. Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Media Camtasia Studio dan Media Powerpoint pada Kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Bionature 15(1), 61-66.

Maidani, D. M. Khairil. dan Hafnati, R. 2016. Penggunaan Media Camtasia Studio Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Biotik 4(1)75-80.

Masyithah, H. Zainuddin, M. dan Mahmud. 2016. Pengaruh Penerapan Multimedia Camtasia Studio dan Media Power Point Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia 8(2), 136-143.

Mulyana, V. Abubakar. dan Tua, S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Kimia Menggunakan Camtasia Studio 8 Di SMA Negeri 1 Sipirok Tahun Ajaran 2016 – 2017. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) 1(1), 8-14.

Setiawan, Candra, 2011, pembuatan video materi ajar dengan camtasia pada pelatihan pengembangan materi ajar, Palembang: Pusbangdik Universitas Sriwijaya.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Jakarta: kencana.

Simehatte, I. Zulfadli. dan Muhammad N. 2016. Pengembangan Media Eleksido Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Siswa Kelas X MIA SMA N 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) 1(3), 27-34.

Sugyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Khurnia. 2013. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar (JPGSD) 1(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v5i1.55-64

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.