PENERAPAN INTEGRATIVE MODEL BERBANTUAN LKS INTERACTIVE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI
Abstract
Kemajuan sains dan teknologi pada abad 21 menjadi sebuah pertimbangan seorang pendidik dalam menyampaikan pengetahuan. Strategi pembelajaran dalam proses belajar perlu diseimbangkan dengan perkembangan zaman. Salah satu strategi belajar adalah dengan menggunakan integrative model berbantuan LKS Interactive. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan integrative model dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One-Grup Pre-test and Post-test. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Lemahabang Karawang. Instrumen yang digunakan yaitu tes kognitif dan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kognitif taraf signifikan 0,000 < α 0,05, dan metakognitif signifikan 0,005 < α 0,05 dapat diartikan hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran integrative melalui kegiatan mendeskripsikan, membandingkan, menemukan pola, menjelaskan persamaan dan perbedaan, membuat hipotesis, dan menggeneralisasi dengan berbantuan LKS interaktif mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada indikator pengetahuan strategi, pengetahuan kinerja kognitif, dan pengetahuan diri dengan rata-rata persentase 73,3%. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan integrative model berbantuan LKS Interactive pada konsep sistem reproduksi sangat baik dengan rata-rata persentase 93,3%. Terkait hasil tersebut efektivitas integrative model berpengaruh terhadap kognitif dan metakognitif dengan hasil yang menunjukkan feedback positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afni, N., Pallenari, M., & Rachmawaty. (2020). Profil Keterampilan Meakognitif Siswa SMA di Kecamatan Mamajang Kota Makassar Materi Sistem Pencernaan Metacognitive Skill Profile Student Senior Hight School Mamajang District Makassar City Material of the Digestive System. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM Inovasi Makassar. 130–137.
Agustina, Y. & Fajar, D.C. (2023). Improving Vocational High School Students’ Learning Outcomes by Using Android-Based Problem Based Learning E-Student Worksheet Yuli. A. P. Wibawa et al. (Eds.): ICE 2022, ASSEHR 736, pp. 167–183. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-020-6_18
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. Addison Wesley Longman, Inc.
Bialik, Maya, et. al. (2015). Character Education for the 21st Century: What Should Students Learn?. Boston : Center for Curriculum Redesign.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunawan, I. & Palupi. AR 2012). Taksonomi Bloom-revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan penilaian. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 2(2), 98-117.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Kilbane, C. R., & Milman, N. B. (2014). Teaching Models. Pearson education, Inc.
Miarsyah, M., Ristanto, R. H., Lestari, P., & Rahayu, S. (2021). Metacognitive on pteridophyte: A unification of cooperative integrated reading and composition and guided inquiry (CirGI). International Journal of Instruction, 14(3), 481–500. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14328a
Mitsea, E., & Drigas, A. (2019). A journey into the metacognitive learning strategies. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(14). https://doi.org/10.3991/IJOE.V15I14.11379
Mujianto, G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Malang Dengan Model Pembelajaran Integratif. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 5(1). 39-54.
Rahmawati, et. al. (2018). Kemampuan Kognitif Siswa Sma Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Arias Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Bivalen : Chemical Studies Journal, 1(1). 33-38.
Sholihah, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2015). Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 1677–1684.
Toharudin, U., Rahmat, A., & Kurniawan, I. S. (2019). The important of self-efficacy and self-regulation in learning: How should a student be?. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022074
Toharudin, Uus, & Kurniawan, I. S. (2017). Sundanese Cultural Values of Local Wisdom: Integrated to Develop a Model of Learning Biology. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 32(1), 29–49.
Wulandari, S. A. (2016). Deskripsi Proses Kognitif Siswa pada Materi Geometri Kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto. Doctoral Dissertation Universitas Muhammadiyah: Purwokerto
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.217-226
Article Metrics
Abstract view : 435 timesPDF - 360 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.