PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLTV SMAN 1 LEMBAH GUMANTI

Melmiharti Melmiharti, Rahmi Rahmi, Mulia Suryani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. Tujuan penelitian adalah mengukur kemandirian dan hasil belajar siswa kelas 10 ketika menggunakan media pembelajaran berbasis IT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMAN 1 Lembah Gumanti. Prosedur tes dijalankan secara acak dan dipilih kelas X.4 sebagai kelas tes dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Tes pembelajaran akhir dan kuesioner belajar mandiri digunakan sebagai alat penelitian. Hasil perhitungan dan analisis tes akhir adalah t_hitung = 4,98, t_tabel = 1,67, karena t_hitung > t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. Oleh karena itu, terdapat pengaruh pembelajaran dengan peningkatan IT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. Kemandirian belajar siswa kelas X SMAN 1 Lenbagmanti setelah menggunakan media pembelajaran berbasis IT secara umum dinilai tinggi.


Keywords


Media Pembelajaran Berbasis IT, Kemandirian, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir dan Terra CH. Triwahyuni. (2013). Pengenalan Teknologi Informasi.Yogyakarta : Andi

Ali, M., & Asrori, M. (2018). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538

Astindari, H. T., & Fiqriyah, Z. (2021). Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa (KelasXI SMK Tahsinul Akhlaq Kalibagor Situbonda Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal pendidikan matematika1(2),71–79. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.

Depdiknas.2001.Kamus besar bhasa indonesia . Jakarta : Balai Pustaka

Hamalik, Oemar. (2013). Perancana Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo.(2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 30–42.

Hidayat, M. A. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 809-817. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10934

Iryanti, Puji. 2004. Penilaian Unjuk Kerja, Yogyakarta: Departemen Pendidikan

Nasional PPPG Matematika.

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal KeguruanDanIlmuTarbiyah,2(1),11–18 . https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389

Lestari, S. I., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 2477-4758. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.695

Nadhifah, N., Soewardini, H. M. D., & Meilantifa. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika ,Seminar NasionalPendidikan Matematik,, November ,65–71.

Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Tehadap Prestasi Belajar Matematiak. Jurnal formatif matematika,6(1), 73–84.

Noor , J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana

Nurhabibi, R. (2020). Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 5(1), 262–266.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Qalbu, N. (2021). Skripsi Nadiya Qalbu (204172687) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur.

Qamar, K., & Riyadi, S. (2016). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1, 301–305. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166

Rahmi, R., Delyana, H., Melisa, M., Suryani, M., Gusnita, G., Rizka, M., Apria, W., & Rayhana, O. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Tpsq Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smk. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2446–2457. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4210

Regina, uray cempaka, Toriana, Anitra, R., & Styowati, R. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas V The Relationship Between Self-Reliance Learn With The Ability In Understanding Mathematio Concept At Fifh Grade Student. 8(2), 20-25. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4896

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.6

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Yudhi, Munadi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i2.184-197

Article Metrics

Abstract view : 431 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.