PENGARUH PEMBERIAN POC LIMBAH KULIT BAWANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS TANAMAN KUBIS BUNGA (Brassica oleracea Var)

Fery Endang Nasution

Abstract


Komoditas hortikultura memiliki potensi untuk di kembangkan seperti tanaman kubis bunga. Kebutuhan sayuran ini semakin meningkat sejalan dengan kesadaran masyarakat tentang kesadaran kesehatan. Saat ini banyak petani kubis bunga yang menggunakan pupuk kimia secara berlebihan sehingga berdampak buruk bagi kondisi lahan pertanian dan lingkungan. Maka perlu diatasi dengan menggunakan pupuk organic cair. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menjawab masalah yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuirespon 3 varietas kubis bunga terhadap pemberian POC dan mngetahui pengaruh konsentrasi POC serta interaksi konsentrasi POC terhadap 3 varietas kubis bunga. Percobaan dilaksanakan di Desa Partihaman Saroha Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (3x4) dengan tiga kali ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk organic cair yang terdiri dari 50 ml/l air (K1), 100 ml/l air (K2), 150 ml/l air (K3) dan 200ml/l air (K4). Faktor kedua adalah jenis varietas kubis bunga yang terdiri dari Varietas Larissa F1 (V1), Varietas Cauliflower tropical 45 days (V2) dan Varietas Shinning Jade F1 (V3). Data hasil analisis percobaan dianalisis dengan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan taraf 5% jika terdapat pengaruh nyata. Hasil penelitian menunjukkan pemberian POC limbah kulit bawang merah dan interaksi kedua perlakuan tidak memberikan pengaruh terhadap semua parameter yang diamati. Tetapi pada jenis varietas memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati.


Keywords


POC Limbah Kulit Bawang Merah, 3 Varietas Kubis Bunga

Full Text:

PDF

References


Ainun Marliah, N. d. (2013). Pengaruh Varietas dan konsentrasi Pupuk Majemuk terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kubis Bunga (Brassica oleracea L.). J.Floratek, 188-126.

Ananda Putri, D, Y., dkk. (2021). Efektivitas Kulit Bawang Merah (Allium asscalonicum) Terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa).Ekologia : Jurnal Ilmiah Ilmu Dasar dan Lingkungan Hidup.Volume 21, Nomor2, Hal.44-53

Banu, L. S. (2020). Pemanfaatan Limbah Kulit Bawang Merah dan Ampas kelapa sebagai Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Beberapa Tanaman Sayuran. Jurnal Ilmiah Respati, Vol.11.

Cahyono, B. 2001. Kubis Bunga dan Broccoli. Kanisius. Yogyakarta

_______, 2003. Tanaman Hortikultura. Penebar Swadaya. Jakarta

Darjanto dan Satifah. 1990. Pengetahuan Dasar Biologi Bunga dan Teknik Silang Buatan. Gramedia. Jakarta.

Dwidjoseputro, D. 1994. Pengantar Biologi Tumbuhan. : PT Gramedia. Jakarta Eugen ,Jude dan Carbunar Mihai. 2012. Research On The Influence Of Phasial

Fertilization On Autumn Cauliflower Cultures In Ecological System.Analele University Din Oradea, Fascicula Protecția Mediului .Vol. XIX, 2012.

Fisher, N.M., dan Goldsworthy. 1985. Fisiologi Budidaya Tanaman tropic. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Gardner, F.P., R.B. Pearce and R.L. Mitchell. 1991. Physiology of Crop Plants (Fisiologi Tanaman Budidaya, alih bahasa oleh Herawati Susilo). University of Indonesia Press. Jakarta.

Gomez.K.A, dkk. 1996.Prossedur Statistik Untuk Penelitian Pertanian, penerjemah Endang Sayamsudin dan Justika Baharsya UI-Press, Jakarta.

H.Rehatta, dkk. 2012. Pengaruh Pupuk Organik Cair RI1 Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kubis Bunga (Brassica Oleracea var. botrytis L.). Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Jurnal Agrologia, vol 1, no 1.

Hakimah, S. (2015). Pengaruh Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan, Hasil dan Kualitas Tiga Varietas Bunga Kol (Brassica oleracea Var.). Skripsi. Universitas Jember Fakultas Pertanian.

Irawati, T. (2015). Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bunga Kol (Brassica oleracea var.botrytis L) terhadap macam Varietas dan Jarak Tanam. Jurnal Cendekia.

Lubis,A.M.G, dkk. 1986. Ilmu Kesuburan Tanah. Jurusan Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian UISU. Medan. Hal : 90-95

Nurbangun, S, dkk. 2021. Respon Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Varietas Kubis Bunga (Brassica oleracea L) pada Berbagai Umur Bibit di Lahan Kering Dataran Rendah. Jurnal Ilmiah Pertanian. Volume 9, Nomor. 1

Sofyan. (2021). Uji efektivitas dosis pemberian POC limbah kulit bawang merah (Allium cepa L .) dan Limbah Leri pada pertumbuhan tanaman sawi. Jurnal Agrotan.

Tri Hadiyanto, A. J. (2018). Pengaruh Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil pada Tiga Kultivar Kubis Bunga (Brassica oleracea L.). Jurnal AGROSWAGATI.

Rezwati, N. 2013. Pengaruh Air Rendaman Kulit Bawang merah Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L). Skripsi. UNDAIR. Ambon.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v7i4.9434

Article Metrics

Abstract view : 3921 times
PDF - 1422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.