PENGARUH PEMBERIAN PUPUK OGRANIK CAIR BERBAHAN URIN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN PAKCOY (BRASSICA RAPPA L.) VARIETAS NAULI F1

Indah Puspita Ningrum, Muharam Muharam, Wagiono Wagiono

Abstract


Pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan jenis tanaman sayuran yang penting di Indonesia karena memiliki nilai ekonomis dan gizi yang tinggi. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pakcoy adalah dengan penambahan bahan organik yaitu pupuk organik cair limbah urin sapi.  Urin sapi tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh petani sebagai pupuk organik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman juga mampu menekan laju limbah ternak yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk organik cair berbahan dasar urin sapi dengan berbagai konsentrasi terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman pakcoy. Percobaan yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Kelompok Faktor Tunggal dengan enam perlakuan dan empat ulangan. Tedapat enam faktor perlakuan yang digunakan yaitu A (kontrol), B (100 ml POC per liter air), C (200 ml/L-1 POC), D (300 ml/L-1 POC),  E (400 ml/L-1 POC), dan F (500 ml/L-1 POC). Parameter yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari jumlah daun, luas daun, bobot segar per tanaman, dan panjang akar. Pengaruh perlakuan dianalisis dengan sidik ragam dan apabila pada uji taraf 5% terdapat hasil signifikan, maka dilanjutkan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) untuk melihat pengaruh terbaik dari perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata pada parameter luas daun. Pada parameter luas daun perlakuan A (kontrol) berpengaruh nyata terhadap perlakuan C, D, dan F. Perlakuan B berpengaruh nyata terhadap perlakuan C dan D, sedangkan perlakuan E tidak berpengaruh nyata terhadap semua perlakuan. Rata – rata luas daun tertinggi terdapat pada perlakuan C dengan luas daun mencapai ± 231.47 cm2.


Keywords


Brassica rapa, Pupuk Organik Cair, Urin Sapi

References


Aisyah, S., N. Sunarlim, B. Solfan. 2011. Pengaruh urine sapi terfermentasi dengan dosis dan interval pemberian yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Agroteknologi. 2(1): 1-5.

Alfendari, S. 2017. Pengaruh Pemberian Bio Urin Sapi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max (L.) Merrill). Karya Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Jambi. Jambi.

Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Tanaman Sayuran dan Buah-Buahan Semusim Indonesia 2018. In S. S. Hortikultura (Ed.). BPS RI.

Damanik, M. M. B., E. H. Bachtiar, Fauzi, Sarifuddin, dan H. Hamidah. 2011. Kesuburan Tanah dan Pemupukan. USU Press. Medan. Hal. 262.

Hafizah, N. dan Anita. 2018. Efektivitas Berbagai Konsentrasi Pupuk Cair Urine Sapi pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kubis Bunga (Brassica oleracea var. Botrytis L.). Ziraa’ah. 43(1): 1 – 9.

Jasmidi, Zainuddin M, dan Prastowo P. 2018. Pemanfaatan Urin Sapi menjadi Pupuk Organik Cair Kelompok Tani Desa Sukadamai Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 24(1), 570-575.

Kurniawan, E., Ginting, Z., dan Nurjannah, P. 2017. Pemanfaatan Urine Kambing Pada Pembuatan Pupuk Organik Cair Terhadap Kualitas Unsur Hara Makro (NPK). Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rosyadi, I., Karmanah, dan Sugiarto Sargo. 2021. Aplikasi Pupuk Organik Cair Berbahan Baku Urin Ternak Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.). Agrisintech. Vol 2(1): 29-36.

Sitompul, S. M. dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. UGM Press. Yogyakarta. 21 hal.

Triyanto, Y., Manurung, Q. A., Arleyes. 2014. Respon Pemberian pupuk Organik Cair Kulit Pisang dan Macuna bracteata Terhadap Pertumbuhan Tanama Bayam Merah (Amaranthus tricolor L). Jurnal Agroplasma (STIPER) Labuhanbatu. 1 (2) : 22 – 28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v8i1.8046

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.