EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PANGAN DI KECAMATAN BOGOREJO KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH

Ahmad Jibril Kinayungan, Susilo Budiyanto, Karno Karno

Abstract


Komoditas utama Kecamatan Bogorejo adalah tanaman pangan. Namun, saat ini mengalami penurunan hasil panen akibat terjadinya degradasi lahan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman pangan (padi sawah, padi gogo, jagung, ubi kayu, kedelai, dan kacang tanah), mengkaji faktor-faktor pembatas yang mempengaruhi kesesuaian lahan tanaman pangan dan mengkaji upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas lahan dan produktivitas tanaman pangan di daerah penelitian. Penelitian dilakukan di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora dan Laboratorium BPTP Jawa Tengah pada bulan April – Oktober 2021. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode survei yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap persiapan, pra survei, survei utama, analisis data di laboratorium dan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Bogorejo memiliki kesesuaian lahan aktual tidak sesuai (N) untuk semua tanaman uji pada zona I – IV dengan faktor pembatas bahaya erosi. Zona VII dan IX tergolong kelas kesesuaian cukup sesuai (S2) untuk tanaman padi sawah. Zona V hingga X tergolong kelas sesuai marginal (S3) untuk tanaman padi gogo, jagung, ubi kayu, kedelai, dan kacang tanah. Kelas kesesuaian lahan aktual yang diperoleh kemudian ditingkatkan untuk mendapatkan kesesuaian lahan potensial dengan cara pembuatan teras bangku untuk mengurangi laju erosi, pembuatan saluran air, dan pemberian pupuk kandang ayam untuk meningkatkan bahan organik tanah.

Keywords


Kecamatan Bogorejo, kesesuaian lahan, tanaman pangan

Full Text:

PDF

References


Munthe, R. R, P. Marbun, dan P. Marpaung. 2017. Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit (Elaeis guinensis Jack.) dan kelengkeng (Euphoria longan Lamk.) di Kecamatan Na Ix - X Kabupaten Labuhan Batu Bara. J. Agroekoteknologi, 5 (1) : 144 - 151.

Nganji, M. U., B. H. Simanjuntak, dan S. Suprihati. 2018. Evaluasi kesesuaian lahan komoditas pangan utama di Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat Kabupaten Sumba Tengah. J. Agritech, 38 (2) : 172 – 177.

Ritung, S., K. Nugroho, A. Mulyani, dan E. Suryani. 2011. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanan (Edisi Revisi). Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v7i3.7106

Article Metrics

Abstract view : 1245 times
PDF - 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.