KEANEKARAGAMAN SERANGGA HAMA TANAMAN CABAI RAWIT (CAPSICUM FRUTESCENS L.) PADA TANAM SISTEM MULSA DAN TANPA MULSA DI PARE, KEDIRI

Yusuf Yordania, Moch Sodiq, Wiludjeng Widayati

Abstract


 

Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan salah satu sayuran penting terutama di daerah tropis dan subtropis yang dibutuhkan sebagai bumbu dapur dan penghasil rasa pedas.Namun cabai rawit termasuk produk yang mudah rusak karena adanya interaksi berbagai organisme di lingkungannya termasuk serangga.Keanekaragaman serangga tersebut berpengaruh terhadap kualitas hasil tanaman cabai rawit.Penelitian dilakukan di lahan milik petani cabai rawt di Desa Sambirejo Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan yakni menggunakan pengambilan sampel secara purposive sampling serta pengamatan scan sampling. Metode pengamatan serangga pengunjung menggunakan 1) Pengamatan Langsung menggunakan kamera, 2) Yellow trap, 3) Pitfall Trap, 4) Jaring serangga (Sweep net), 5) Perangkap antraktan (Metil eugenol).Identifikasi menggunakan buku identifikasi kunci determinasi serangga dan iNaturalist.Data hasil penelitian dianalisis dengan indeks keanekaragaman jenis (H’) dan indeks dominansi (C). Populasi serangga hama yang diperoleh pada lahan cabai rawit dengan sistem tanam mulsa sebanyak 1405 individu dengan 5 ordo, 13 Famili, dan 16 spesies. Sedangkan serangga hama yang diperoleh pada lahan tanpa mulsa sebanyak 1405 individu dengan 4 ordo, 13 Famili, dan 13 Spesies. Nilai indeks keanekaragaman jenis (H’) pada lahan cabai rawit yang diperoleh pada tanam sistem mulsa sebesar 1,8560 dan tanpa mulsa sebesar 1,9954. Nilai tersebut termasuk kedalam kriteria indeks keanekaragaman jenis rendah. Nilai indeks dominansi (C) lahan cabai rawit pada tanam sistem mulsa sebesar 0,28922 dan tanam sistem tanpa mulsa sebesar 0,20082. Hal ini menunjukkan bahwa dominansi pada tanam sistem mulsa dan tanpa mulsa termasuk dalam kategori dominansi rendah, artinya tidak ada dominasi satu spesies di kedua lahan.


Keywords


Cabai Rawit, Keanekaragaman, Serangga Hama

Full Text:

PDF

References


Brigitha M. Gobel, Robert W. Tairas, Juliet M.E. Mamahit. 2017. Serangga-Serangga Yang Berasosiasi pada Tanaman Cabai Keiriting (Capsicum annum L.) di Kelurahan Kakaskasen II Kecamatan Utara. Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi.

Kamila, Y. 2018. Kelimpahan dan Keanekaragaman Arthropoda Permukaan Tanah pada Ekosistem Pertanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) di Kuripan Lombok Barat.Jurnal Crop Agro. 7(2): 1 – 13.

Krebs, C. J. 1989. Ecology : The Experimental Analysis of Distribution and Abundance. Third Edition.Harper and Row Publishers. New York. 776p.

Price, P. W. 1975. Insect Ecology.John Willey and Sons. New York

Shinta, W., K.I. Purwani dan W. Anugerahini.2014. Pengaruh Aplikasi Pupuk Hayati Terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)Varietas Bhaskara di PT. Petrokimia Gresik.Jurnal Sains dan Seni Pomits. 2(1):1-5

Tjandra, E. 2011.Panen Cabai Rawit di Polybag. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v7i1.6836

Article Metrics

Abstract view : 2801 times
PDF - 1480 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.