APLIKASI KOMPOS KOTORAN KELELAWAR (GUANO) DAN NPK Mg TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY PADA ULTISOL

Kasmawati Kasmawati, Zulfadly Syarif, Auzar Syarif

Abstract


Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas pertanian utama dan unggulan di Indonesia. Pertumbuhan kelapa sawit yang lebih baik tergantung pada ketersedian zat hara dan bahan organik yang dapat dipenuhi oleh pemanfaatan kompos kotoran kelelawar (Guano) dan NPK Mg terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada tahap Main nursery. Penelitian ini telah dilaksanakan di PT. Kencana Sawit Indonesia (KSI) Solok Selatan pada bulan Juli – November 2021 menggunakan rancangan acak lengkap factorial 4x4 dalam 3 ulangan (kompos guano : 0 g, 500 g, 1000 g, 1500 g dan NPK Mg : 30 g, 40 g, 50 g, 60 g). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah Tinggi tanaman (cm), Panjang pelepah (cm), jumlah pelepah (helai), diameter bonggol (mm), panjang akar (cm), bobot segar tajuk (g), bobot segar akar (g), bobot kering tajuk (g), bobot kering akar (g), dan Rasio tajuk akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos kotoran kelelawar (guano) dan NPK Mg meningkatkan semua parameter. Pemberian Kompos kotoran kelelawar (guano) dan NPK Mg memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit varietas Dumpy di Main nursery. Dosis terbaik terdapat pada pemberian 1500 g guano dan 60 g NPK Mg/polybag.


Keywords


kompos kotoran kelelawar (guano), NPK Mg, Kelapa sawit, Varietas dumpy, uji lanjut.

Full Text:

PDF

References


Adnan, S., I, Utoyo, B, dan Kusumastuti, A. 2015. Pengaruh Pupuk NPK dan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq) di Main nursery. J. Agro Industri Pertanian 2(3).

Badan Pusat Statistik Solok Selatan. https://solokselatan.bps.go.id. Diakses 7 Februari 2021.

Darmawan. 2006. Aktivitas fisiologi kelapa sawit belum menghasilkan melalui pemberian nitrogen pada dua tingkat ketersedian air tanah. J. Agrivigor 41(6).

Hakim, N., M. Y. Nyakpa, A. M. Lubis, Sutopo, G. N. Rusdi, G. B. Hong dan H.H. Bailey. 1986. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Khairiah. 2014. Kiat sukses industri kelapa sawit Indonesia.

Lakitan, B. 2000. Dasar-dasar Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 55 hal.

Lakitan, B. 1996. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Marsono, P.S. 2003. Pupuk Akar dan Jenis Aplikasi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sri Sukasih, Nining, 2018. Pengaruh Pupuk Kompos Kotoran Kelelawar Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt) Pada Tanah Pmk. Fakultas Pertanian Universitas Kapuas Sintang..

Nyakpa, M.Y., N. Hakim, A.M. Lubis, M.A. Pulung, G.B. Hong, A.G. Amrah, A. Musnawar. 1986. Kesuburan Tanah. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Puspa, D., Sutari.W., dan Kusumiyati. 2016. Pengaruh konsentrasi pupuk organik cair (POC) dan dosis pupuk N,P, K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays L. var Rugosa Bonaf) kultivar Talenta. Jurnal Kultivasi 15 (3).

Pradnyawan,S.W.H., W. Mudyantini, Marsusi. 2005. Pertumbuhan, kandungan nitrogen, klorofil dan karotenoid daun Gynura procumbens pada tingkat naungan berbeda. Biofarmasi 3: 7-10

Sarawa., A. Nurmas., Dan M. Dasril. AJ. 2012. Pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai (Glycine max L.) yang diberi pupuk guano dan mulsa alang-alang. 2 (2) : 97-105.

Salim T dan Srihartati. 2008. Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Dodol Nanas sebagai Kompos dan Aplikasinya pada Tanaman Tomat. Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI

Sihotang, B. 2010. Budidaya Tanaman Seri Budidaya Kelapa Sawit: http://www.google.co.id/pdf.

Subandi, 2007. TeknologiProduksi Dan Strategi Pengembngan Kedelai Pada Lahan Kering Masam. Iptek Tanaman Pangan 2 (1).

Subagyo, H. N. Suharta, dan A.B. Siswanto. 2004. Tanah-tanah pertanian di Indonesia. Hlm. 21-66. Dalam A. Adimihardja, L.I. Amien, F. Agus, dan D. Djaenudin (Ed.). Sumberdaya Lahan Indonesia dan Pengelolaannya. Pusat penelitian dan pengembangan tanah dan agroklimat, Bogor.

Sudradjat, Y. Sukmawan, Sugiyanta. 2014. Influence of manure, nitrogen, phosphorus and potassium fertilizer application on growth of one-year-old oil palms on marginal soil in Jonggol, Bogor, Indonesia. J. Tropic.

Sunarko, 2007. Petunjuk Praktis Budidayadan Penggelolaan Kelapa Sawit.Jakarta : Agro Media Pustaka.

Suwarno dan K.Idris. 2007. Potensi dan kemungkinan penggunaan guano secara langsungsebagai pupuk di indonesia.Jurnal Tanah dan Lingkungan. 9 (1): 37 43

Sutedjo M, 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v7i2.6503

Article Metrics

Abstract view : 1387 times
PDF - 758 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.