SERANGAN ULAT GRAYAK JAGUNG SPODOPTERA FRUGIPERDA (lepidoptera: noctuidae) PADA TANAMAN JAGUNG DI KABUPATEN MUARO JAMBI, JAMBI

Herni Dwinta Pebrianti, Hamdan Maruli Siregar

Abstract


Jagung merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain dikonsumsi secara langsung, saat ini pemanfaatan jagung juga semakin beragam khususnya sebagai bahan baku industri makanan dan pakan ternak. Namun demikian, munculnya hama invasif baru Spodoptera frugiperda yang sebelumnya tidak ada di wilayah Indonesia menjadi ancaman serius terhadap keberlanjutan laju pertumbuhan produksi jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai intensitas serangan S. frugiperda pada tanaman jagung. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode observasi, yaitu dengan melakukan pengamatan langsung terhadap keberadaan S. frugiperda pada tanaman jagung petani yang berada pada beberapa daerah di Kabupaten Muaro Jambi. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa sebaran kerusakan akibat serangan hama S. frugiperda pada tanaman jagung terjadi pada semua plot pada lokasi pengamatan dengan tingkat kerusakan yang bervariatif (rendah-sedang-tinggi).


Keywords


corn;jambi;armyworm;survei;pest

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2015. Peta produksi padi, jagung, dan kedelai Provinsi Jambi 2015. https://jambi.bps.go.id [22 Febuari 2020].

[CABI] Centre for Agriculture and Biosciences International. 2020. Spodoptera frugiperda (fall armyworm). https://www.cabi.org [20 Febuari 2020].

Nonci, N., Kalqutny, S. H., Mirsam, H., Muis, A., Azrai, M., Aqil, M. 2019. Pengenalan Fall Armyworm (Spodoptera frugiperda J.E. Smith) Hama Baru Pada Tanaman Jagung Di Indonesia. Balai Penelitian Tanaman Serealia. Maros.

Maharani, Y., Dewi, V. K., Puspasari, L. T., Rizkie, L., Hidayat, Y., Dono, D. 2019. Kasus Serangan Ulat Grayak Jagung Spodoptera frugiperda J. E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) pada Tanaman Jagung di Kabupaten Bandung, Garut dan Sumedang, Jawa Barat. Jurnal Cropsaver. 2(1): 38-4

Subiono, T. 2020. Preferensi Spodoptera frugiperda (Lepidoptera: Noctuidae) pada Beberapa sumber Pakan. J Agroekoteknologi Tropika Lembab. 2(2): 130-134.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v6i1.3355

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 470 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.