ANALISA RESIDU PESTISIDA PADA CABAI LOKAL DI WILAYAH KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Dini Puspita Yanti, Surya , Handayani

Abstract


Pestisida merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya dan selalu di aplikasi pada berbagai jenis tanaman. Penggunaan pestisidadalam mengatasi organisme pengganggu tanaman telah membudaya dikalangan petani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui residu pestisida organofosfat yang terkandung pada buah cabai lokal di Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah surveyyang dilakukan terhadap beberapa petani dan pedagang cabai lokal yang ada di wilayah Tapanuli Selatan. Penelitian ini diambil pada 2 lokasi utama pertanaman cabai yaitu di kecamatan batang angkola dan kecamatan angkola julu. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai 5 petani cabai lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cabai lokal yang diamati di dua kecamatan tersebut mengandung residu pestisida.Residu pestisida yang ditemukan di Desa Sigalangan berbahan aktif klorpirifos yaitu 0,219 mg/kg. Sedangkan pestisida berbahan aktif profenofos di desa sigalangan yaitu 5,7319 mg/kg dan Desa Sijungkang yaitu 3,7134 mg/kg.

Full Text:

PDF

References


Alegantina, S, M. Raini dan P. Lestari, (2005). Penelitian Kandungan Organofosfat dalamTomat dan Selada yang Beredar di Beberapa jenis Pasar di DKI Jakarta. Puslitbang Farmasi, Badan Litbangkes, Depkes Jakarta. Media Litbang Kesehatan Volume XV Nomor I Tahun 2005.

Balingtan (2013) Teknologi menurunkan residu pestisida di lahan pertanian, http://balingtan.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/138-teknologi menurunkan residu pestisida di lahan pertanian, diakses 5 November 2020.

Moretto, A., (2004). Occupational Aspects of Pesticide Toxicity in Humans. InPesticide Toxicology and International Regulation. Eds. Marrs, T.C. and B. Ballantyne. John Wiley & Sons Ltd.

Prijanto, T.B., (2009). Analisis Faktor Risiko Keracunan Pestisida Organofosfat pada Keluarga Petani Hortikultura di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Sulistiyono, L. (2004). Dilema Penggunaan Pestisida Dalam Sistem Pertanian Tanaman Hortikultura di Indonesia. Makalah Pribadi. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Thompson, C. M. and R. J. Richardson, (2004). Anticholinesterase insecticide. In Pesticide Toxicology and International Regulation. Eds. Marrs, T.C. and B. Ballantyne. John Wiley & Sons Ltd.

Yuantari, M. G. C. (2009) Studi ekonomi lingkungan penggunaan pestisida dan dampaknya pada kesehatan petani di area pertanian hortikultura Desa Sumber Rejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v5i2.2485

Article Metrics

Abstract view : 750 times
PDF - 668 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.