RESPON TANAMAN TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN JAGUNG HASIL PERLAKUAN GIBERELIN DAN SITOKININ

Jumaria Nasution, Meiliana Friska

Abstract


Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penting di Indonesia dan mempunyai peran penting dalam perekonomian nasional. Kebutuhan pasar yang terus meningkat dan harga jagung  dapat memacu petani untuk mengembangkan usaha tani jagung.Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman jagung adalah dengan pemberian hormon sitokinin.Sitokinin berperan dalam meregulasi pola pengisian bulir padi dan akhirnya memperngaruhi persentase biji isi dan produktivitas.Giberelin merupakan hormon pertumbuhan yang terdapat pada organ-organ tanaman yaitu pada akar, batang, tunas, daun, bintil akar, buah, dan jaringan halus. Aplikasi giberelin diberikan pada saat pembibitan sedangkan aplikasi sitokinin diberikan pada saat keluar malai pada tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh giberelin dan sitokinin terhadap diameter batang, berat basah 100 biji jagung dan panjang akar tanaman jagung dengan konsentrasi 0 , 10, 20 atau 50 ppm. Dari asil analisi didapat kombinasi giberelin dan sitokinin 50 ppm dapat meningkatkan diameter batang, berat basah 100 biji jagung dan panjang akar tanaman.

Keywords


Giberelin, Sitokinin, Zea mays, Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Cui, K., Peng, S., Xing, Y., Yu, S., Xu, C and Zhang, Q. 2003. Molecular Dissection of The Genetic Relationship of Source, Sink and Transport Tissue with Yield Traits in Rice. Theor Appl Genet 106:649—658.

Davies, P. 2002. Plant Hormones; Physiology, Biochemistry and Molecular Biology Second Edition. Kluwer Academic Publisher: USA.

Gardner, P. Franklin,. Pearce, Brent R,.dan Mitchell, L. Roger. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Diterjemahkan oleh Herawati Susilo; pendamping Subiyanto.Universitas Indonesia Press. Jakarta

Gomez, K. A. And Gomez, A. A. 1976. Statitical Procedure For Agriculture Research With Emphasize On Rice. International Rice Research Institue, Los Banos Philipines

Heddy, S. 1986. Hormon Tumbuhan. Jakarta: Rajawali

Moelyohadi, Y., Harun, M.U., Munandar, Hayati, R., dan Gofar, N. 2012. Pemanfaatan berbagai jenis pupuk hayati pada budidaya tanaman jagung (Zea mays L.) di lahan kering marginal. J. Lahan Suboptimal. I (1)

Roitsch, T and Ehneb, R. 2000. Regulation of Source/sink Relation by Cytokinin. Plant Growth Regulation 32:359—367

Thornley, J. H. (1999). Modelling stem height and diameter growth in plants. Annals of Botany, 84, 195–205.

Yang, J., Peng, S., Visperas, R., Sanico, A., Zhu, Q and Gu, S. 2000. Grain Filling Pattern and Cytokinin Content in the Grains and Roots of Rice Plants. Plant Growth Regulation 30:261—270.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v5i2.2462

Article Metrics

Abstract view : 2199 times
PDF - 1445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.