EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS PERANGKAP TERHADAP JUMLAH INDIVIDU SERANGGA

Herni Dwinta Pebrianti, Hamdan Maruli Siregar, Najla Anwar Fuadi

Abstract


ABSTRAK

 

Serangga memiliki peranan yang penting dalam suatu ekosistem. Serangga berperan sebagai herbivora, karnivora dan pengurai dalam rantai makanan. Penelitian mengenai keanekaragaman serangga banyak dilakukan pada berbagai tempat. Banyak metode yang digunakan dalam mengumpulkan serangga, salah satunya adalah penggunaan perangkap. Beberapa jenis perangkap yang biasanya digunakan adalah perangkap perekat kuning, perangkap nampan kuning, perangkap lubang (pitfall trap), malaise, light trap, dan sweep net. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan berbagai jenis perangkap terhadap jumlah serangga yang dihasilkan dan mendapatkan informasi mengenai kekayaan serangga di Kampus UNJA Mendalo. Penelitian dilaksanakan di Kampus UNJA Mendalo dengan mengambil lima lokasi yang tersebar di Kampus UNJA Mendalo. Pengamatan dan pengambilan sampel dilakukan dengan 3 metode, yaitu sweep net, pitfall trap, dan yellow pantrap. Kegiatan pengambilan sampel serangga ini dilakukan sebanyak 1 kali perlakuan. Identifikasi Serangga dilakukan di Laboratorium Hama Tanaman Fakultas Pertanian UNJA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa individu serangga banyak terperangkap pada jenis perangkap sweep net. Individu pada Ordo Diptera ditemukan paling dominan diantara individu ordo lainnya.


Keywords


Diptera, Hama, Perangkap, Keanekaragaman serangga, Rantai Makanan

Full Text:

PDF

References


Borror DJ, Triplehorn CA, Johnson NF. 1996. Pengenalan pelajaran serangga edisi ke-6. Partosoedjono S, penerjemah. Yogyakarta (ID): Gadjah Mada University Press. Terjemahan dari an introduction to the study on insect.

[CSIRO] Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization. 2000. The Insect of Australia: A Textbook for Students and Research Workers. 1st Edition dan 2nd Edition. Victoria (AU): Melbourne Univ Press.

Ikhsan Z, Hidrayani, Yaherwandi, Hamid H. 2020. Efektifitas berbagai jenis perangkap Hymenoptera pada pertanaman padi di lahan pasang surut. Jur. Agroekotek. 12(1):48-62.

Maesyaroh SS, Supriatna J. 2021. Kelimpahan serangga pada berbagai jenis tumpangsari kacang kedelai dengan tanaman refugia. Jurnal Agrotek Indonesia. 2(6): 5 hal

Mukundan, S., & Rajmohana, K. 2018. A Comparison of Sweep Net, Yellow Pan Trap and Malaise Trap for Sampling Parasitic Hymenoptera in a Backyard Habitat in Kerala. Entomon. 43: (33-44).

Pebrianti HD. 2016. Keanekaragaman parasitoid dan artropoda predator pada pertanaman kelapa sawit dan padi sawah di Cinadli, Kabupaten Bogor [thesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Boor.

Pebrianti HD, Maryana N, Winasa IW. 2016. Keanekaragaman parasitoid dan artropoda predator pada pertanaman kelapa sawit dan padi sawah di Cinadli, Kabupaten Bogor. J JHPT Tropika. 16 (2): 138-146.

Ross HH, Ross CA, Ross JRP. 1982. A Text Book of Entomology. 4 thed. New York (US): John Wiley & Son.

Rubiana R. 2014. Pengaruh Tranformasi Habitat Terhadap Keanekaragaman dan Struktur Komunitas Semut di Jambi [thesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Saputra HM, Maryana N, Pudjianto. 2017. Keanekaraaman Hymenoptera parasitika pada tipe ekosistem berbeda di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v9i2.16007

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.