ANALISIS KEPUASAN PETANI DALAM PENGGUNAAN BENIH PADI VARIETAS INPARI 32 BERSERTIFIKAT PRODUK CV PUTRA REMAJA KIMIA

Maya Fatimah Azzahra Ahmad, Wagiono Wagiono, Fatimah Azzahra

Abstract


Keputusan petani untuk menentukan pilihan terhadap dua kelas label benih didorong oleh tingkat kepuasan petani dari segi harga dan kualitas benih dengan atribut-atribut seperti, harga benih, ketahanan hama dan penyakit, daya tumbuh, produktivitas (hasil panen), dan ketersediaan benih. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik petani dan menganalisis kepuasan petani pengguna benih padi bersertifikat varietas inpari 32 produk CV Putra Remaja Kimia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan didukung oleh data kualitatif, pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh petani yang telah menggunakan benih padi bersertifikat varietas inpari 32 produk CV Putra Remaja Kimia. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik responden yaitu berjenis kelamin laki – laki dengan usia yang paling dominan 38 – 41 tahun. Tingkat pendidikan petani sebagian besar adalah SD dan SMP, status pekerjaan usahatani padi sebagai pekerjaan utama dengan rata – rata pendapatan per bulan Rp. 5.275.222,00. Sebagian besar petani telah berusahatani 9 – 20 tahun dengan melakukan budidaya 2 kali dalam setahun. Sebagian besar petani memiliki status kepemilikan lahan sebagai milik sendiri. Hasil perhitungan CSI sebesar 77,58% secara keseluruhan petani puas terhadap kinerja atribut – atribut benih padi bersertifikat yang diproduksi oleh CV Putra remaja kimia.


Keywords


benih padi bersertifikat, kepuasan, petani.

Full Text:

PDF

References


Dafa, M. R. 2022. Strategi pengembangan usaha benih padi bersertifikat di CV. Putra remaja kimia Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 407-414. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. 2021. Prosedur Permohonan Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan. https://distanpangan.baliprov.go.id/prosedur-permohonan-sertifikasi-benih-tanaman-perkebunan.

Irawan, H. 2015. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kalistiani, Ibnusina, F., & Silfia. 2023. Analisis kepuasan petani terhadap keputusan dalam menggunakan varietas junjuang di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 405-417.

Rosidah. 2019. Analisis kepuasan konsumen terhadap benih padi bersertifikat (studi kasus: Kelompok Penangkar Tani Jaya Desa Pematang Pelintahan Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Laurencia, D. S. 2017. Analisis pendapatan petani penangkar benih padi (Oryza sativa L..) di Kabupaten Simalungun. Universitas Medan Area, Medan.

Suroto, Rauf, A., & Saleh, Y. 2019. Analisis usaha penangkar benih padi sawah di Kabupaten Gorontalo. Jurnal AGRINESIA, 125-131.

Wityasari, N. 2022. Pengertian ketahanan pangan aspek, tujuan dan faktor yang mempengaruhi. Diambil kembali dari Dinas Ketahanan Pangan Kab Probolinggo: https://ketahananpangan.probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2022/11/Pengertian-Ketahanan-Pangan.pdf

Yulianto, D. 2020. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen benih padi produksi UPT Balai Benih Pertanian Kabupaten Batul . Skripsi. UPN "Veteran" Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v8i4.13438

Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.