POTENSI HASIL JAGUNG PUTIH (Zea mays L) di PADANGSIDIMPUAN SUMATERA UTARA

Yusnita Wahyuni Silitonga, Amir Mahmud

Abstract


ABSTRAK

Jagung merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat untuk mempertahankan kehidupannya. Salah satu jenis jagung yang banyak dijadikan olahan pangan adalah jagung putih. Budidaya jagung putih di Indonesia  masih sangat minim sehingga dibutuhkan perluasan budidaya tanaman jagung khususnya di Tapanuli Bagian Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi hasil tanaman jagung putih di daerah Tapanuli Bagian Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Univesitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan ketinggian 400 dpl. Parameter yang diamati adalah umur berbunga, umur panen,  panjang tongkol, Jumlah biji/baris, Jumlah biji keseluruhan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang dijadikan perlakuan adalah tiga varietas jagung yaitu Anoman, Pulut URI dan Bonanza F1. Varietas jagung putih yang paling cepat berbunga adalah Pulut URI Yaitu 44 HST dan umur panen 78 HST. Varietas Anoman memili panjang tongkol yang lebih panjang dibanding Pulut URI yaitu 20,73 cm. Jumlah biji Keseluruhan tertinggi terdapat pada jagung putih varietas Anoman yaitu 488,30 biji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jagung putih varietas Anoman lebih memiliki potensi hasil tertinggi kota Padangsidimpuan.

 

Kata Kunci : Varietas Jagung, Ketinggian Tempat

Full Text:

PDF

References


Amir dan M.B. Nappu. 2013. Uji Adaptasi Beberapa Varietas Jagung Hibrida Pada Lahan Sawah Tadah Hujan di Kabupaten Takalar. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian. 49-56.

Hassen, R. 2012. White Corn Profile. Departement of Agriculture Economics. Montano State University USA. Hansenr@iastete.edu.

Maruapey, A. 2011. Pengaruh Jarak Tanam dan Jenis Pupuk Kandang terhadap Pertumbuhan Gulma dan Hasil Jagung Manis. Fakultas Pertanian Unamin Sorong. Prosiding Seminar Nasional Serealia Maros. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Maros.

Nurmiati, Y. dan M. Barmawi.2001 Tanggap Jagung Hibrida C7 pada Berbagai Kombinasi Dosis Pupuk NPK. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Palawija Buku 2: Hasil Penelitian dan Pengkajian Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Balai Penelitian dan Pengembangan Perta-nian. Lampung.

Saidah, Syafruddin, Dan R. Pangestuti. 2015. Daya hasil jagung varietas srikandi kuning pada beberapa lokasi SL-PTT di Sulawesi Tengah. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon. 1 (5) : 1151-1155.

Syafruddin, Nurhayati dan Ratna. 2012. Pengaruh Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil beberapa Varietas Jagung Manis. J. Floratek. 7: 107-114.

Wulandari, Y.A. Sularno dan Junaidi. 2016. Pengaruh Varietas dan Sistem Budidaya terhadap Pertumbuhan , produksi dan Kandungan Gizi Jagung (Zea mays L). J. agrosains dan Teknologi. 1 (1): 19-30




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v4i2.1009

Article Metrics

Abstract view : 1153 times
PDF - 563 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.