ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA SD

Diva Egita Purba, Parasina Caroldion Br Siburian, Rizki Dwi Aprilia Harahap, R. Nazra Fitri Namira, Nurhudayah Manjani, Mardiyah Kharismayanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran faktor psikologis dalam memengaruhi keberhasilan belajar matematika di kalangan siswa sekolah dasar (SD). Matematika adalah pelajaran fundamental yang penting untuk mengasah kemampuan berpikir logis dan sistematis, tetapi sering menjadi kesulitan bagi banyak siswa. Penelitian ini menerapkan metode studi literatur dengan mengeksplorasi berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan, khususnya yang membahas aspek psikologis seperti kecemasan terhadap matematika, motivasi belajar, minat, kepercayaan diri, serta kondisi mental siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran pustaka yang sistematis menggunakan database akademik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dengan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan mensintesis temuan-temuan dari berbagai literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Tingginya tingkat kecemasan, kurangnya motivasi, serta rendahnya minat dan kepercayaan diri dapat menjadi penghambat dalam penguasaan materi. Oleh karena itu, pemahaman guru terhadap kondisi psikologis siswa sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesiapan psikologis siswa menjadi kunci dalam kesuksesan pembelajaran matematika, sehingga pendekatan pembelajaran harus mempertimbangkan aspek emosional dan mental siswa.

Kata kunci: Psikologi pendidikan, Matematika SD, Ketuntasan belajar.


Full Text:

PDF

References


Ashcraft, M. H., & Krause, J. A. (2007). Working memory, math performance, and math anxiety. Psychonomic Bulletin & Review, 14(2), 243–248. https://doi.org/10.3758/BF03194059

Ayu, P., Setyowati, D. L., & Kurniawan, D. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 145–152. https://doi.org/10.24853/jpm.15.2.145-152

Badriyah, R., Aisyah, N., & Rahman, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Kholil, M., & Zulfiani, L. (2020). Pembelajaran Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Sekolah Dasar. Bandung: CV Widina Bhakti Persada Bandung.

Khotimah, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.32696/jipm.v5i1.310

Mulyana, A., Suryana, D., & Pramudya, I. (2021). Hubungan Antara Kebahagiaan Belajar dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2), 88–97. https://doi.org/10.26858/jppk.v7i2.28247

Nurdiana, N. (2017). Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 122–129. https://doi.org/10.21009/jpd.042.03

Pilomonu, A., Hasugian, L. A., & Rachmawati, Y. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 22–31.

Pratama, R., Yuliani, D., & Setiawan, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 50–58. https://doi.org/10.25273/jpd.v6i1.8990

Ramirez, G., Gunderson, E. A., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2013). Math anxiety, working memory, and math achievement in early elementary school. Journal of Cognition and Development, 14(2), 187–202. https://doi.org/10.1080/15248372.2012.664593

Uyun, Q., & Warsah, W. (2021). Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1669–1677. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.977




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v3i1.21766

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.