PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Mendidik adalah tugas, amanah, dan tanggung jawab orang tua, guru, atau tenaga pendidik yang berwenang. dalam lingkungan dan situasi bagaimanapun, seorang pendidik harus membuat peserta didik mampu menyerap dan memahami materi dan pengajaran yang diarahkan dan disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pendidikan Islam, peserta didik bukan hanya objek pembelajaran, tetapi juga subjek yang berperan aktif dalam mengembangkan diri. Tugas dan kewajiban mereka mencakup niat yang tulus untuk mencari ilmu, menghormati pendidik, serta menjaga kesucian hati sebelum belajar. Pendidikan Islam juga memperhatikan kebutuhan peserta didik, baik fisik, sosial, mental, maupun spiritual, untuk memastikan perkembangan mereka berjalan optimal.
Full Text:
PDFReferences
Zuhairi , Filsafat Pendidikan islam, jakarta : Bumi Aksara 1995
Samsu Nizar , Filsafat Pendiddikan Islam ,Pendekatan Historis , Teoritis dan Praktis Jakarta : Ciputat Pers 2002
Hasan Basri , Filsafat pendidikan islam . Bandung : Pustaka Setia 2009.
Muhammad Athiyah Albarasy , Dasar Dasar Pendidikan islam , Jakarta : Bulan Bintang 1970.
Ramayulis : Ilmu Pendiddikan Islam , Jakarta : Ka,am Mulia 2008
Abidin Ibnu Rusn : Pemikiran Alghazali Tentang Pendiddikan . Yogyakarta : Pustaka Pelajar 1998.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v2i2.19416
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.