IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER (PHBK) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BIRRUL WALIDAIN PASAR SEMPURNA KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Neni Indriyani, Samsidar Samsidar, Ihsan Siregar, Darliana Sormin, Mira Rahmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi dan evaluasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Birrul Walidain Pasar Sempurna Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi karena degradasi moral yang terjadi di bangsa ini melanda berbagai lini masyarakat, salah satunya yang sering terjadi pada sektor remaja. Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karkater (PHBK) diharahapkan dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang berkarakter dan dapat memaksimalkan potensi pada dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Birrul Walidain Pasar Sempurna Kabupaten Tapanuli Selatan. Teknik dan alat pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara Reducation (Reduksi data), data dispalay (penyajian data) dan Conclusion drawing (verivication). Berdasarkan penelitian ini diperolah hasil bahwa implementasi Pendidikan Holistik Berbasis karakter (PHBK) di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Birrul Walidain Pasar Sempurna Kabupaten Tapanuli Selatan sudah terlaksana namun belum secara maksimal, implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) terdapat dalam proses pendidikan yang termuat dalam 3 kompetensi yaitu kompetensi dasar keislaman, kompetensi keilmuan dan kompetensi keterampilan.

Full Text:

PDF

References


A. Saefurohman. (2020). Membangun sdm melalui pendidikan holistik berbasis karakter dan berorientasi pemberdayaan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2).

Al-Jannah, S., & Aly, H. N. (2023). Kurikulum Sebagai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik untuk Masa Depan yang Berkilau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4).

Eri Aspahani. (n.d.). Implementasi Pendidikan Holistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Gita Bangsa Panongan Tangerang. In 2019. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

H. Widyastono. (2012). Muatan pendidikan holistik dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4).

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Messy, M., Firani Putri, A. D. I. (2023). "The Implementation of Holistic Learning Strategies: Implementasi Strategi Pembelajaran Holistik. El-Rusyd, 8(1).

NadlirAdlir. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Journal of Islamic Education Studies, 2(2).

Nanik Rubiyanto dan Dany Haryanto. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah. prestasi pustakarya.

Oktarini, S. L. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Pelatihan Guru PAI Terhadap Implementasi Kurikulum Holistik Berbasis Karakter di Sd Islam Plus Karakter Kota Bengkulu. Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Wulandari, D. E. (2018). Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Diss. UIN Raden Intan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v2i2.19211

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.