UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DI SDN IMPRES PARDOMUAN

Sandro Irawansyah Hutagalung, Rini Agustini, Samsidar Samsidar, Mira Rahmayanti Sormin, Jumaita Nopriani Lubis

Abstract


Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi pokok iman kepada malaikat di kelas II SDN Impres Pardomuan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Impres Pardomuan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 57,81% atau kategori rendah. Setelah menggunakan model Problem Based Learning hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,37% pada siklus I dari yang 57,81 menjadi 74,18%. Dimana pada siklus I ini terdapat 12 siswa telah mencapai indikator keberhasilan kategori tuntas dan 10 siswa lainnya masih kategori tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,91% dari yang 74,18% meningkat 89,09%. Dimana pada siklus II terdapat 21 siswa yang telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori tinggi dan 1 siswa kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Anisatul, A. M., & Subhi, M. R. I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pai. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Volume 9 Nomor 5.

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 12 Nomor 1.

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2020). Metode Pembelajaran Bermain Kartu Kata dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif di Tk Tridaya Cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, Volume 6 Nomor 1.

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demontrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Volume 4 Nomor 2.

Aziz, A. (2019). Materi Dasar Pendidikan Islam. Uwais Inspirasi Indonesia.

Chaerani, A., Fadilah, A. A., Azhar, A. P., & Magdalena, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas 1 SD di biMBA-Aiueo Kramat Semanan. Journal on Education, Volume 5 Nomor 4.

Fajar, K. (2016). Implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 12 (A) Tentang Hak Siswa di Setiap Satuan Pendidikan untuk Mendapatkan Pendidikan Agama Sesuai Agama Siswa dan Diajarkan oleh Pendidik Yang Seagama Bagi Siswa Muslim Di SMA Yos Sudarso Sokaraja (Doctoral dissertation, IAIN).

Husna, A., & Rowin, I. A. (2023). Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Mtsn Tanjunganom Nganjuk. Pojok Guru: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 1.

Magun Wardoyono, Sigit. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Volume 7 Nomor 1.

Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 6 Nomor 1.

Prahani, BK, Limatahu, I., Winata, SW, Yuanita, L., & Nur, M. (2016). Effectiveness of physics learning material through guided inquiry models to improve student's problem-solving skills based on multiple representations. International Journal of Education and Research, Volume 4 Nomor 12.

Rahmawati, S. Y., Fajriyati, T., Fatimah, S., & Trisnawati, O. R. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Pembelajaran PAI Kelas V SDN Pengaringan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 2 Nomor 1.

Sandika, T. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Invention: Journal Research and Education Studies, 1-13.

Saputra, D., Krisnayanti, K., & Dewi, R. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini Anak melalui Permainan Kartu Kata di RA Drusholihin Hujung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, Volume 7 Nomor 2.

Shunhaji, A. (2019). Agama dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, Volume




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v2i2.18688

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.