STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI ANGKOLA TIMUR

Martua Alfiansyah Harahap, Samsidar Samsidar, Mira Rahmayanti

Abstract


Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang dilahirkan dengan kebutuhan- kebutuhan khusus yang berbeda dari manusia pada umumnya sehingga membutuhkan pelayanan khusus. Adapun rumusan masalah dalam hal ini adalah 1. Bagaimana strategi guru dapat meningkatkan minat belajar siswa 2. Bagaimana upaya yang dilakukan dalam menerapkan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada sekolah Luar Biasa (SLB) Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Subjek penelitian ini adalah guru Agama Islam kelas C A1, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpualan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru pada saat mata pelajaran Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) guru sudah menerapkan stretegi guru dalam mengajar sebagaimana dalam proses pembelajaran. Kendala guru agama islam dalam pada saat pelajaran Agama Islam adalah kurangnya minat siswa sehingga tidak fokus saat belajar mengajar di kelas.

Full Text:

PDF

References


Akrim. 2020. Desain Pembelajaran. Depok:Rajawali Pers.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: CV. Darus Sunnah.

Hargio Santoso 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Ibnu Hadjar. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Novan Ardi Wiyani. 2016. Konsep Dasar Paud. Yogyakarta : Gava Media.

Sarwono, S. W. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharsimi Arikunto 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 dan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab IV pasal 5 ayat 1

Zain Aswan dan Djamarah Bahri Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zakia Darajat. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta :Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v2i1.16650

Article Metrics

Abstract view : 444 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.