STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH 3 PADANGSIDIMPUAN

Romi Iskandar Tinambunan, Darliana Sormin, Ihsan Siregar

Abstract


Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang berisi rangkaian kegiatan pembelajaran dalam proses pembelajaran gunanya untuk mengelolah kegiatan pembelajaran dan mengelolah lingkungan belajar. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam pembelajaran, guru diharapkan memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menerapkan pembelajaran tematik di sd Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi , wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, verifiksasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan menggunakan beberapa strategi dalam menyampaikan pelajaran di kelas diantaranya: Strategi Saintifik Learning, Strategi Problem Based Learning, Strategi Inkuiri Learning.

Full Text:

PDF

References


Anita Sri, Strategi Pembelajaran. Diakses Pada Tanggal 25 September 2021 Dari Situs: Repository. Ut. Ac. Id.

Arafat Maulana Lubis, Azizan Nasran, Pembelajaran Tematik Sd/Mi, Jakarta: Kencana A, 2020.

Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta.: Rineka Cipta, 2010.

Auliya Marisya,Elfia Sukma,”Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli”,Universitas Negeri Padang, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4,No.3, 2020,Hal.5

Diana Wulandari, “Model Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Peminatan”. Jurnal Inspirasi Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang. Vol 6 No.2, 2016.

Dyorty Auliya Vilda Ghasya, Gerakan Sekolah Yang Menyenangkan Dan Ramah Anak (GSMRA) Sebagai Wujud Rekonstruksi Pelaksanaan Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Dasar, Seminar Nasional Pendidikan Dasar, STKIP Bina Bangsa Getsempena ,2018, Hlm. 227.

Farida Githa,” Pengaruh Problem Based Learning” Metode Teoritik.

Ikhtiyar Septiya Hermaningsi, Roro Eko Suset Yarini, Dkk, Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria(MIC) Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar”,Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD,Vol.1,No.4,2014,Hal.256

Kadarwati Ani, Vivi Rulpiana, Pembelajaran Terpadu, Jawa Timur: CV. AE Media Grafika, 2020. Hal, 65.

Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Kencana Perdana Media Group, 2011. Hal, 21

Sukayati Dan Sri Wulandari, Pembelajaran Tematik Di SD, Yogyakarta: Depdiknas, 2009.

Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Jakarta: Raja Grafindo, 2013.

Wahyu Widodo , Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Jurnal Ar-Risalah, Universitas Tribhuana Tungga. Vol.XVII NO.2 OKTOBER 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v2i1.16648

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.