UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI SD N 124 BINANGA KABUPATEN MANDAILING NATAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar menggunakan model pembelajaran example non example. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD N 124 Binanga Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal yang menemukan bahwa pembelajara hanya berpusat pada guru sedangkan siswa hanya mendengarkan pembelajaran matematika cenderung membosankan. Hasil yang diperoleh pada pra siklus mencapai 40%, pada siklus I mencapai 65% dan siklus II 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 124 Binanga Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal.
Full Text:
PDFReferences
Adnan Latief , Mohammad. 2010. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM Press.
Arikunto, Suharsimi, 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
-----------, Suharsimi. 2008. et. all., Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi Ariani, Wahyudi Siswanto. 2016. Model Pembelajaran. Bandung: PT.Refika Aditama.
Nana, R. Ibrahim dan Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusdiana. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia.
Siahaan, Amiruddin Siahaan. Ilmu Pendidikan dan Masyarakat Belajar. Bandung: Ciptapustaka Medi Perintis.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2019. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta : Imperial Bhakti Utama.
Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional. 2003)
Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v2i1.16647
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.