PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DOMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, rumusan masalah penelitian: Apakah penerepan metode demonstrasi pada pelajaran IPA di kelas IV SD dapat meningkatkan hasil belajar?. Tujuan penelitian meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan teman sejawat dan guru kelas IV dengan populasi sebanyak 34 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan cara mengecek data yang diperoleh dari wali kelas dan siswa kelas IV. Tekhnik ini diperoleh dengan cara tes berupa lembar unjuk kerja dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 100303. Siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dari 34 siswa ada 27 siswa (79,41%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal, 7 orang siswa (20.59%) belum tuntas. Pada siklus II, siswa yang mencapai krtuntasan hasil belajar sebanyak 32 orang (94,11%), 2 orang siswa (5,89%) belum tuntas nilai rata-rata pada siklus II dengan skor 78.
Kata kunci: Belajar, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Asma, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7 (3), 1135.
Ivon Salilama (2021), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Experiential Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Normalita, Vol.9, Nomor 1, hlm. 127-136 ISSN: 2252-5920
Marinel Negru, (2016). Demonstration and Observation of Teaching Methods Used in Teaching of Romanian Languge and Literature. Jurnal Plus Education Vol. XVI.
M. Deni Siregar & Dukha Yunitasari, Suryawadi (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Konseling Pendidikan Vol. 5, No.2: Desember E-ISSN. (2549-84IX)
Majid Abdul, (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mardiah Kalsum Nasution, (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Studia Didaktika. Vol. 11, No. 1,; ISSN 1978-8169
Muri Yusuf, (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pila Penyedia Informasi Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana, Hlm 181.
Raziatun Suraiya, (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqh materi tentang Shalat Jenazah di Kelas VII MTs Islam Azizi Medan Tahun Ajaran. Skripsi UIN-SU
Ovila Putri Utami Gumay, (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas. Jurnal: Science and Physics Education Jurnal. Vol. I,No. 2.
Siti Ma’rifah Setiawati, (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. Jurnal-Helper, Vol 35 No 1 - 31
Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.
Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).
Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.
Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.
Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.
Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v1i1.39-44
Article Metrics
Abstract view : 449 timesPDF - 223 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.