PENERAPAN METODE ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 200505 MANEGEN

Lia Fitriani Lubis, Rini Agustini, Rawalan Harapan Gaja, Jumaita Nopriani Lubis

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pokok materi pembagian di kelas II SD Negeri 200505 Manegen dengan menggunakan metode Ice Breaking. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 200505 Manegen yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil angket dan hasil observasi sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai dan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada pra siklus rata-rata motivasi belajar siswa adalah sebesar 27,91% atau kategori rendah. Setelah penerapan metode Ice Breakingmotivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 17,78% pada siklus I dari yang 27,91% menjadi 45,69%. Dimana pada siklus I ini terdapat 12 siswa telah mencapai indikator kerhasilan dengan kategori sedang dan 11 siswa lainnya masih di kategori rendah. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,91% pada siklus II dari yang 45,69% meningkat 70,60%. Dimana pada siklus II terdapat 20 siswa telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori tinggi dan 3 siswa lainnya di kategori sedang.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Ice Breaking, Matematika


Full Text:

PDF

References


Daut, Muhammad. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal Of Mathematics iEducation And Science. Volume 2 No1.

Fanani, Achmad. 2014. Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD. Vol.1. No.11.

Fatimah, Siti. i2009. Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: Mizan Pustaka.

Herawati Susilo,dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Hodriani. 2013. Peranan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Kewarganegaraan. Volume.10 Nomor.1.

Nopriani Lubis, Jumaita. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, ISSN Online: 2549-0427 | ISSN Cetak: 2528-2492 Volume 1 Nomor 2.

Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suhardjhono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v1i1.29-38

Article Metrics

Abstract view : 812 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.