PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD S 118 MUHAMMADIYAH GUNUNG TUA KABUPATEN MANDAILING NATAL
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah minat belajar siswa SD S 118 Muhammadiyah Gunungtua Panyabungan kelas V kurang khususnya pelajaran IPA itu sendiri yang ditandai dengan masih terdapat beberapa siswa yang memiliki nilai rendah atau tidak memenuhi standar nilai yang telah ditentukan sekolah tersebut. Rendahnya minat belajar siswa kelas V SD S Muhammadiyah Gunungtua Panyabungan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas karena kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa merasa jenuh. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan alat peraga terhadap minat belajar siswa kelas v materi perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari di SD S 118 Muhammadiyah Gunungtua, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SDS 118 Muhammadiyah sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampelnya yaitu menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sampel sebanyak 40 siswa. Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah angket, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Penelitian ini memperoeh hasil bahwa penggunaan alat peraga mempunyai pengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V pada materi perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari di SDS 118 Muhammadiyah panyabungan yaitu ditemukan angka korelasi (rxy) sebesar 0,61. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat belajar siswa.
Kata Kunci: Alat Peraga, Minat Belajar, Materi Perpindahan Kalor Pada kehidupan Sehari-hari
Katakunci:AlatPeraga,MinatBelajar,MateriPerpindahanKalorPadakehidupanSehari-hariFull Text:
PDFReferences
Nining Setyowati, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano. p-ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218. Kreano 7 (1): 24-30.
Noehi Nasution,dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nopriani , Jumaita. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, issn online : 2549-0427 | issn cetak : 2528-2492 Volume 1 Nomor 2.
Math, Alpha.2020. Pengaruh Alat Peraga Mobil-Mobilan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMPN I Bola. Journal of Mathematics Education. 6(2).
Rizky Meuthia dkk. 2017. Hubungan Antara MinatBelajar Dengan HasilBelajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPAPada Kelas V SD NEGERI Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 Nomor 1.
Sirait, Doni, Erlando. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016, ISSN: 2088-351X, hal. 37
Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.
Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).
Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.
Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.
Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.
Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v1i1.22-28
Article Metrics
Abstract view : 2030 timesPDF - 982 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.