PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI SPLDV DI SD

Hasna Dewi Ritonga, Mirna Wanti Ritonga1, Serlinda Yanti, Nurlayla Lubis, Yoel Hamonangan Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SD, 2) menganalisis pengaruh KAM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, 3) menganalisis interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SD. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis yang digunakan adalah ANAVA dua arah. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: 1) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, 2) terdapat pengaruh KAM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, 3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Kata Kunci: Open-ended, Berpikir kreatif, SD

Full Text:

PDF

References


Fatah, A; Suryadi, D; Sabandar, J & Turmudi. 2016. Open-Ended Approach: An Effort In Cultivating Students’ Mathematical Creative Thinking Ability And Self-Esteem In Mathematics. Journal on Mathematics Education. ISSN 2087-8885, E-ISSN 2407-0610. Volume 7, No. 1, January 2016, pp. 9-18.

Mulyana, S. (2009). Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V dengan Model Cooperative Learning Bermuatan Pendidikan Karakter. Journal of Primary Education. 2 (1) (2013). ISSN 2252-6889.

Rochmanto,W, P. 2014. Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Matematika. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah.

Suherman, E. 2001. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumarmo, U. (2013). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel Jurnal. Jurnal Pendidikan Matematik. Bandung : UPI.

Zarkasyi, W. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v1i1.10-21

Article Metrics

Abstract view : 940 times
PDF - 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.