UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 PADANGSIDIMPUAN

Selma Pallenita Hutasuhut, Darliana Sormin, Jumaita Nopriani Lubis, Rosmaimunah Siregar

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada tiap siklusnya. Di mana pada kemampuan awal (pretest) diperoleh hasil belajar dengan rata-rata 37,5%,  untuk itu peneliti melaksanakan siklus I, hasil yang diperoleh dengan nilai rata-rata 58,8% didalam siklus I belum menggunakan media gambar,  kemudian melakukan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,6% pada siklus II menggunakan media gambar dan post test.

Kata Kunci: Meningkatkan, Hasil Belajar, Matematika, Media Gambar


Full Text:

PDF

References


Amiruddin. 2016. Ilmu Pendidikan dan Masyarakat Belajar. Bandung: Cita Pusaka Media Perintis.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kusnandi Cecep & Bambang Sujipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nizar, Ahmad. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cita Pustaka Media

Nopriani, Jumaita. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, issn online : 2549-0427 | issn cetak : 2528-2492 Volume 1 Nomor 2.

Purwanto, M Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusdiana. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Tatang. 2012. IlmuPendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Usman, Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpd.v1i1.1-9

Article Metrics

Abstract view : 861 times
PDF - 626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.