PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA PERTENGAHAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Atiqul Ilmi El Faisal, Netrawati Netrawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkatan kecerdasan emosional pada remaja laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian sebanyak 1060 siswa SMAN 1 Kampar Timur yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 290 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan aspek kecerdasan emosional. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis komparatif T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebanyak 38.6% siswa memiliki kecerdasan emosional yang sedang; 2) sebanyak 37.2% remaja laki-laki memiliki kecerdasan emosional remaja laki-laki yang sedang; 3) sebanyak 35.9% remaja perempuan memiliki kecerdasan emosional yang sedang; 4) tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosional pada remaja pertengahan ditinjau dari jenis kelamin  dengan hasil sig = 0.078 (sig. > 0.05).

Kata Kunci


Kecerdasan Emosional, Jenis Kelamin, Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, S., Bangash, H., & Khan, S. A. (2009). Emotional Intelligence and Gender Differences. Sarhad J. Agric, 25(1).

Desri Melka, F., Ahmad, R., Firman, Syukur, Y., Sukmawati, I., & Gusri Handayani, P. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling, (November), 1–7.

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence: Why it can matter more than IQ. London: Bloomsbury Publishing.

Hadi, I., & Netrawati, N. (2021). Contribution of Emotional Intelligence and Parental Social Support in Student Learning Achievement. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 55–66.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68.

Irsandef, A. B., Taufik, T., & Netrawati, N. (2018). Profile of emotional intelligence and spiritual intelligence of adolescents from divorced families. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 84–95.

Karneli, Y., Firman, & Netrawati, N. (2019). Upaya Guru Bk/Konselor Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa Dengan Menggunakan Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 32.

Mayer, J. D., Salovey, P., Caruso, D. R., & Mayer, J. D. (2009). Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications. Psychological Inquiry: An International Journal for the Advancement of Psychological Theory, 15(3), 37–41.

Meshkat, M., & Nejati, R. (2017). Does Emotional Intelligence Depend on Gender ? A Study on Undergraduate English Majors of Three Iranian Universities. SAGE Open, 7(3), 1–8.

Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79.

Nyiagani, P. W., & Kristinawati, W. (2021). Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Remaja di Panti Asuhan. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(2), 295.

Oktavia, Y., & Netrawati, N. (2019). Relationship of Emotional Intelligence with Learning Outcome of Students in SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6.

Pratama, R., Syahniar, S., & Karneli, Y. (2016). Perilaku Agresif Siswa dari Keluarga Broken Home. Konselor, 5(4), 238.

Putri, M. E., Nirwana, H., & Sukmawati, I. (2020). Hubungan kemampuan mengelola emosi dengan kecenderungan berperilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 14.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Shirvani, H., & Shirvani, R. (2021). The Relationship Between Gender and Emotional Intelligence. Journal of European Education (JEE), 11(1).

Undriani, Y., Yusri, Y., & Sukmawati, I. (2015). Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan. Konselor, 4(2), 102.

Utami, M. D., & Pratiwi, R. G. (2021). Remaja yang dilihat dari Kelekatan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 35–44.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa Kecerdasan Emosional Remaja Tahap Akhir Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i1.91-99

Article Metrics

Sari view : 3004 times
PDF - 1690 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.