PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES
Muhammad Darwis
Sari
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar biologi siswa, aktivitas dan pengelolaan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan pengelolaan pembelajaran biologi siswa pada materi perubahan lingkungan dengan menggunakan model kooperatif tipe examples non examples. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,2 dimana siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dan di siklus II dengan nilai rata-rata 80,8 dimana siswa yang tuntas sebanyak 20 orang. Dari nilai rata-rata siklus I dan II terdapat peningkatan 16,6. Nilai persentase hasil belajar siklus I sebesar 20% dan siklus II 80%. Dari hasil tes siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 60%. 2) Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,68 dimana 7 orang mendapat nilai sangat baik, 13 orang mendapat nilai baik,5 orang mendapat nilai cukup dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,68 dimana 9 orang mendapat nilai sangat baik, 14 orang mendapat nilai baik, 2 orang mendapat nilai cukup. Persentase di siklus I 71,68% dan siklus II 79,68%, dan terjadi peningkatan 8%. 3) Pengelolaan pembelajaran pada siklus I dengan nilai rata-rata 66,6 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,6, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples ternyata dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas serta pengelolaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa agar guru menerapkan model Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperluas kajian penerapan pembelajaran dan mengkaji faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.sendiri.
Kata Kunci
Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
Referensi
Dimyanti Dan Mudjiono, 2015. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan, Cipayung-Ciputat. Gaung Persada.
Endang komara, (2014), Belajar Dan Pembelajaran Interaktif, Jakarta, Refika Aditama.
Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Lufri. 2007. Strategi Pembelaaran Biologi. Padang: Jurusan Biologi.
Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan.Media Persada
Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran, Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta. Rineka Cipta
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.268-271
Article Metrics
Sari view : 292 times
PDF - 106 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.