PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES

Muhammad Darwis

Sari


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar biologi siswa, aktivitas  dan  pengelolaan  pembelajaran.  Model  pembelajaran yang digunakan pada  penelitian  ini  adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples.  Penelitian  ini  bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan pengelolaan pembelajaran  biologi  siswa  pada materi perubahan lingkungan dengan menggunakan model kooperatif tipe examples non examples. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil  penelitian  menunjukkan : 1)  Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata  64,2 dimana siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dan di siklus II dengan nilai rata-rata 80,8  dimana siswa yang tuntas sebanyak 20 orang. Dari nilai rata-rata siklus I dan II terdapat peningkatan 16,6. Nilai persentase hasil belajar siklus I sebesar 20% dan siklus II 80%. Dari hasil tes siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 60%. 2) Hasil  observasi aktivitas belajar siswa pada   siklus I  dengan nilai  rata-rata  71,68  dimana  7 orang mendapat nilai sangat baik, 13  orang  mendapat  nilai  baik,5 orang mendapat nilai cukup dan pada siklus II  dengan  nilai  rata-rata  sebesar 79,68 dimana 9 orang mendapat nilai sangat baik, 14 orang mendapat nilai baik, 2 orang mendapat nilai cukup. Persentase di siklus I 71,68% dan siklus II 79,68%,  dan  terjadi peningkatan 8%. 3) Pengelolaan pembelajaran pada siklus I  dengan  nilai  rata-rata 66,6 dan pada siklus II dengan  nilai  rata-rata 82,6,  dari  siklus I ke  siklus II mengalami peningkatan sebanyak 16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples ternyata dapat meningkatkan  hasil  belajar,  aktivitas serta  pengelolaan  pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa agar guru menerapkan model Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperluas kajian penerapan pembelajaran  dan  mengkaji  faktor  lain  yang mempengaruhi hasil belajar siswa.sendiri.

Kata Kunci


Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyanti Dan Mudjiono, 2015. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan, Cipayung-Ciputat. Gaung Persada.

Endang komara, (2014), Belajar Dan Pembelajaran Interaktif, Jakarta, Refika Aditama.

Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Lufri. 2007. Strategi Pembelaaran Biologi. Padang: Jurusan Biologi.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan.Media Persada

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran, Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta. Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.268-271

Article Metrics

Sari view : 292 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.