PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (Studi Kasus Kelas XII SMA Negeri 3 Padang)

Muhammad Hakiki, Menrisal Menrisal, Popo Radyuli

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 64 orang dengan populasi sebanyak 290 orang. Instrumen yang digunakan dalam pegambilan data berupa tes hasil belajar, dengan tipe pilihan ganda (multiple choice item test), Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Ms. Excell 2007. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah ujit, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung 5,393 dan ttabel 1,999 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung > ttabel (5,393 > 1,999), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XII SMA Negeri 3 Padang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata siswa kelas eksperimen (86,250) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata – rata siswa kelas kontrol (75,625)

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 1483 times
PDF - 3766 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.