
(2) Affan Yusra

*corresponding author
SariPenelitian ini bertujuan untuk mengukapkan dan mengukur pengaruh teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP N 17 kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah expo facto dengan populasi seluruh siswakelas VIII dan IX di SMP N 17 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 244 responden. Penarikan sampel menggunakan stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuosioner dengan model skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data dengan menggunakan rumus presentaseformula C dan teknik analisi data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 65,7%, dan teman sebaya di SMP N 17 kota Jambi  juga dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 75,5%. Nilai siginifikansi pada asimotik berada pada  0,000 (<0,05) yang berati antara variabel teman sebaya (X) berpengaruh terhadap variabel (Y), dan untuk hasil R square pada dua variabel ini sebesar 0,114 yang dipresentasekan menjadi 11,4%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dtemukan bahwa adanya pengaruh antara teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa yang memiliki rendah tapi pasti.  Kata kunci: Teman Sebaya, Keaktifan BelajarKata KunciTeman Sebaya; Keaktifan Belajar
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.116-123 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2022.v7i1.116-123 Abstract views : 2002 | PDF views : 1207 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Arikunto,S.2006.Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta:Bumi Aksara
Dalyono,M.2015.Psikologi pendidikan.Jakarta :PT RINEKA CIPTA
Sugiyono.2012. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif danR&D. Bandung: Alfabeta
Sutja,dkk.2017.Penulisan kripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta:Wahana Resolusi
Tazminar.2015.meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples.JUPENDAS.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.