PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP N 17 KOTA JAMBI

(1) * Nabilah Nabilah Surat (Universitas Jambi, Indonesia)
(2) Affan Yusra Surat (Universitas Jambi, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengukapkan dan mengukur pengaruh teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP N 17 kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah expo facto dengan populasi seluruh siswakelas VIII dan IX di SMP N 17 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 244 responden. Penarikan sampel menggunakan stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuosioner dengan model skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data dengan menggunakan rumus presentaseformula C dan teknik analisi data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa di SMP N 17 kota Jambi dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 65,7%, dan teman sebaya di SMP N 17 kota Jambi  juga dapat dikategorikan tinggi dengan jumlah presentase sebesar 75,5%. Nilai siginifikansi pada asimotik berada pada  0,000 (<0,05) yang berati antara variabel teman sebaya (X) berpengaruh terhadap variabel (Y), dan untuk hasil R square pada dua variabel ini sebesar 0,114 yang dipresentasekan menjadi 11,4%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dtemukan bahwa adanya pengaruh antara teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa yang memiliki rendah tapi pasti.

 

Kata kunci: Teman Sebaya, Keaktifan Belajar

Kata Kunci


Teman Sebaya; Keaktifan Belajar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.116-123
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2022.v7i1.116-123 Abstract views : 2002 | PDF views : 1207

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Arikunto,S.2006.Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta:Bumi Aksara

Dalyono,M.2015.Psikologi pendidikan.Jakarta :PT RINEKA CIPTA

Sugiyono.2012. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif danR&D. Bandung: Alfabeta

Sutja,dkk.2017.Penulisan kripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta:Wahana Resolusi

Tazminar.2015.meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples.JUPENDAS.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d

toto 4d

slot pulsa

Slot88

slot thailand

slot dana