HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PESANTREN SATELIT HIDAYATUL HASAN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Winda Dwi Ayuningsih, Arifin Nur Budiono, Fakhruddin Mutakin

Sari


Penelitian tentang Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di SMK Pesantren Satelit Hidayatul Hasan Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan angket dengan hasil analisis data menggunakan rumus product moment untuk mengetahui hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di SMK Pesantren Satelit Hidayatul Hasan Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021. hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan aplikasi SPSS diketahui hasil nilai signifikan 0,00, maka nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja. Dengan ini membuktikan bahwa dukungan sosial dengan kesiapan kerja pada tingkat tinggi.


Kata Kunci


Dukungan Sosial, Kesiapan Kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi keti). Pustaka Pelajar.

Pamangsah, A. (2008). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa yang Telah Menikah. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Parwanti. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Sentolo. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Poll, L.D & Sewell, P. (2007). Journal of Education and Training. The Key to Employability: Developing a Practical Model of Graduate Employability, 4 (49).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i1.72-76

Article Metrics

Sari view : 150 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.