MEDIA DARING LAYANAN BK DI MASA PANDEMI COVID-19

Ana Musdalifah

Sari


Masa pandemi Covid-19 ini terjadi di semua negara di dunia termasuk Indonesia. Tujuan tulisan untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan media layanan BK di masa pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Pengumpulan informasi dilakukan melalui studi kepustakaan dengan mengumpulkan bahan-bahan koleksi perpustakaan yang kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk narasi. Layanan BK di masa pandemi covid-19 menggunakan berbagai media daring untuk memudahkan interaksi secara tidak langsung yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Sistem layanan BK dilaksanakan melalui perangkat teknologi yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Konselor dapat melakukan pemberian layanan bersama-sama di waktu yang sama dengan menggunakan media sosial seperti whats app (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya.

Kata Kunci


Layanan BK; Media Layanan, Pandemi Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol.7 No.5.

Ahmad Arsyad, Media Pembelajaran. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), 45.

Dabbagh, N. and Ritland. B. B, Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson, 2005), 78. Baca juga Mayer, R. E, Multi Media Learning Prinsip-Prinsip Dan Aplikasi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), 67.

DeVito. Joseph A. (2011). Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Alih Bahasa Maulana. Agus. (Tangerang Selatan : Karisma, 2011), 67.

Hafidzah, D.(2020). Pentingnya BK di Masa Pandemi. Surabaya: Kompas. 15 Agustus

Jurnal Bimbingan Konseling. 9 (2), 144-150.

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’. 5 (1), 36-39.

Nurihsan, A. J. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 Bagi Satuan Pendidikan Madrasah, Pesantren, Pendidikan Keagamaan Islam, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Nomor : B-1673.1/DJ.I/08/2020.

Prasetya, D. A., dkk. (2020). Web-based Cyber Counseling to improve Students’ Counseling Interest.

Rada, R, Understanding Virtual Universities. (USA: Intellect, 2001), 87.

Siaran PERS. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19. Nomor : 137/sipres/A6/VI/2020.

Winkel & Widiahastuti, S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.109-113

Article Metrics

Sari view : 7879 times
PDF - 8831 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.