EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MAARIF ANNUR JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Siti Wasilatun Nafi'ah, Fakhruddin Mutakin, Yurike Kinanthy Karamoy

Sari


Tujuan peneletian ini adalahl untuk mengetahuil efektivitas bimbingan kelompokl Teknik selfl management terhadapl disiplin belajarl siswa kelasl VIII MTs Maarif Annur Jember tahun pelajaran 2022/2023. Disiplin belajarl merupakan lsikap, tingkah llaku, tindakan dan kebiasaan yang berasal dari dalam diri siswa dan menunjukkan ketaatan pada hukum yang berlaku di rumah, sekolah, dan masyarakat. Disiplin belajar yang dimiliki setiap siswa berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Subjekl dalam penelitianl ini adalahl siswa kelasl VIII yangl memiliki disiplinl belajar dalaml kategori rendahl yaitu sebanyakl 6 siswa. Jenis penelitianl ini adalahl penelitian eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design one group pretest posttest. Penelitil menggunakan 2 jenisl teknik dalaml layanan bimbinganl kelompok yaitul problem solvingl dan diskusi. Keseluruhanl teknik tersebutl dapat meningkatkanl disiplin belajarl siswa MTs Maarif Annur Jember. Peneliti melakukan treatment dengan 3 kali pertemuan dengan alokasi setiap waktu 1X45 menit. Berdasrkan hasil penelitian disiplin belajar siswa bahwa dengan pemberian pretest dengan jumlah 520 dan posttest 780. Layanan bimbingan kelompokl dengan tekniklself managementl mengalami peningkatanl yang jelasl dan baikl pada disiplin belajar siswa, dengan demikian di peroleh kesimpulan bahwa pemberian layananl bimbingan kelompokl teknik selfl management efektif terhadapl disiplin belajarl siswa kelasl VIII MTsl Maarif Annur Jemberl tahun pelajaranl 2022/2023)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wulan Saputri Anjani, C. A. (2020). Pelatihan Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa.

Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar.

Lomu, L. (N.D.). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Padil, N. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah. Jubikops: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, Vol.1 No 1 Hal 25-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.614-619

Article Metrics

Sari view : 273 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.