UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KOLASE BERBAHAN ALAM DI KELAS B TK NUR ADILAH SIMANGAMBAT

Sri Ulina, Rawalan Harapan Gaja, Isma Ayurani, Darliana Sormin, Jumaita Nopriani Lubis

Abstract


Peneliti dilaksanakan di TK Nur Adilah Simangambat dengan tujuan meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase dengan menggunakan bahan alam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, per siklus 3 pertemuan dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini anak kelas B TK Nur Adilah dengan jumlah 14 orang anak. Dalam pengumpulan data peneliti mengggunakan metode observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 11 anak dengan presentasi 80% pada tahap Berkembang Sesuai Harapan. Setelah peneliti melaksanakan penelitian, maka di dapatkan hasil pra siklus terdapat 0 anak persentase 0%,  pada siklus 1 terdapat  2 anak  dengan persentase 10%, siklus 2 terdapat 12 anak  dengan persentase 84%, sesuai dengan target keberhasilan, maka penelitian ini telah  berhasil dengan kesimpulan  bahwa kegiatan kolase dengan menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Nur Adilah Simangambat.


Keywords


Kreativitas; Kolase; Bahan alam

Full Text:

PDF

References


Elizabeth, Hurlock. (2014). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga. 4

Euis Kurniati, Yeni Rahmawati. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta :Kencana.1

Kurniati Euis, Rahmawati Yeni. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana. 15.

Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.5

Noviana, Rina (2018). “Tingkat Kreativitas Anak di PAUD Taam qurrata A’yun Batusangkar, Skripsi, Disertai tidak diterbitkan, Batu Sangkar: FKIP IAIN Batusangkar. 19

Pujianti, Taniredja, (2013). Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Guru: Praktis dan Mudah. Alfabeta.

R, Marta.(2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome Melalui Metode Puzzle Pada Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2017.1.(1),34.

Solichah, Silvana. (2017). Keterampilan Kolase. Yogyakarta: Indo Publika. 7-8

Susanto, Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara,2018. 71

Verayanti Sri, Muharrar Syakir. (2015). Kreasi Kolase, Montase, Mozaek Sederhana. Jakarta: Erlangga. 8




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i1.16375

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 451 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.