MENGUATKAN GERAKAN MEMBACA BERSAMA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH

Ifah Nurjanah, Dewi Kusumaningsih, Sri Muryati, Endang Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 1 Tawangsari (2) mendeskripsikan hambatan serta solusi yang digunakan dalam mengatasi hambatan penerapan gerakan literasi baca tulis di SMA Negeri 01 Tawangsari. Metode penelitian yang digunakan berbentuk deksriptif kualitatif. Data berupa kata kalimat yang diperoleh dari hasil wawancara dan kartu literasi siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah kegiatan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Tawangsari.Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kegiatan GLS di SMA Negeri 1 Tawangsari dilakukan setiap hari selama 15 menit sebelum KBM berlangsung kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menulis dari teks bacaan siswa, pelaksanaan kegiatan literasi yang telah dilakukan di XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Tawangsari yakni, tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran.


Keywords


GLS; Literasi Baca Tulis

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36

Clemens, L. F., & Kegel, C. A. T. (2021). Unique contribution of shared book reading on adult-child language interaction. Journal of Child Language, 48(2), 373–386. https://doi.org/10.1017/S0305000920000331

Hanin, N. H. (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembentukan Karakter siswa di SDN Madyopuro 2 Malang. i–111.

Hidayah, L. (2019). Revitalisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Gerakan Literasi Nasional: Studi Pada Program Kampung Literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87–98. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2819

Huzdik, K. (2022). Teachers’ Financial Literacy. Public Finance Quarterly, 7–32.

Irma, C. N. (2019). Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Majalah Dinding Sebagai Aktualisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 88–94. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12871

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Kucirkova, N., & Flewitt, R. (2022). Understanding parents’ conflicting beliefs about children’s digital book reading. Journal of Early Childhood Literacy, 22(2), 157–181. https://doi.org/10.1177/1468798420930361

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

S.Ifadah, A. (2020). Literasi : Pemahaman Literasi Baca - Tulis Anak Usia Dini Pada Mahasiswa PIAUD Semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Golden Age, 4(02), 290–296. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2419

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Sanusi, & Prasetyo, A. (2019). Pengenalan Gerakan Literasi pada Masyarakat. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 162. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3352

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.

Schmidt, Catarina. (2020). Ethnographic research on children’s literacy practices: children’s literacy experiences and possibilities for representation. Ethnography and Education, 15(1), 48–63. https://doi.org/10.1080/17457823.2018.1512004

Skjerdingstad, K. I., & Tangerås, T. M. (2019). Shared reading as an affordance-nest for developing kinesic engagement with poetry: A case study. Cogent Arts and Humanities, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2019.1688631

Suwarto, D. H., Setiawan, B., & Machmiyah, S. (2022). Developing Digital Literacy Practices in Yogyakarta Elementary Schools. Electronic Journal of E-Learning, 20(2), 101–111. https://doi.org/10.34190/ejel.20.2.2602

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Timperley, S., Schaughency, E., Riordan, J., Carroll, J., Das, S., & Reese, E. (2022). Tender Shoots: Effects of a Preschool Shared Book Reading Preventive Intervention on Parent–Child Reading and Parents’ Involvement in the First Year of School. School Mental Health, 14(2), 238–253. https://doi.org/10.1007/s12310-022-09505-6

Torr, J. (2020). How ‘shared’ is shared reading: Book-focused infant–educator interactions in long day-care centres. Journal of Early Childhood Literacy, 20(4), 815–838. https://doi.org/10.1177/1468798418792038




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.34-43

Article Metrics

Abstract view : 549 times
PDF - 654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id