KEMAMPUAN MENGANALISIS MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF PUISI “BUAH RINDU” KARYA AMIR HAMZAH

Lili Herawati Parapat, Khatib Lubis, Hanifah Parapat

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh mengenai kemampuan menganalisis makna denotatif dan konotatif puisi “Buah Rindu I, II, III, IV” Karya Amir Hamzah oleh Kelas XI SMA Negeri 1 Ulu Barumun, maka penulis mengemukakan simpulan yaitu: Kemampuan Menganalisis Makna Denotatif dan Konotatif Puisi “Buah Rindu I, II, III, IV” Karya Amir Hamzah Oleh Siswa  Kelas XI SMA Negeri 1 Ulu Barumun dikategorikan “Sangat Baik”. Hal ini dapat dilihat dari jawaban essay siswa yang berjumlah 50 orang. Skor rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81,4 dengan jumlah nilai skor tertinggi 90-100 adalah 9 siswa, skor sedang 70-80 adalah 9 siswa dan skor terendah 50-60 adalah 3 siswa. Gambaran makna konotatif (Asalkan kanda bergurau senda dengan adinda tajuk mahkotaKata tajuk mahkota itu bukan berarti hiasan yang ada dikepala melainkan makna konotatifnya seorang gadis cantik yang di puja) dan denotatif (Duduk termenung berhati dukaBerhati duka artinya hati yang tersakiti atau bersedih hati).


Keywords


menganalisis, makna konotatif, makna denotative.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2016. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Amir. 2018. Sang Musafir Lata. Medan: CV Mitra.

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: CV. Iscom.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyantni, Enda Tri. 2012. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sirait, Afrida. 2009. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai, skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatra Utara.

Siswanto. 2012. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Suhita, Sri. 2018. Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Jakarta: Penerbit Rosda.

Rohman, Saifur. 2012. Pengantar Metodologi Pengajaran Sastra. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Rokhmanyah, Alfian.2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yunus, Muhammad. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jurnal

Arif, M. Z., Prabawa, A. H., & Hum, M. (2016). Analisis Makna Denotatif Dan Konotatif Pada Teks laporan Hasil Observasi Karangan Siswa Kelas VII Mts Negeri Surakarta II (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Hasibuan, Haris Zuhely . 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Kemampuan Mengabstraksi Cerpen “Titian Pelangi” Karya Helvy Tiana Rosa Oleh Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Padangsidimpuan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Padangsidimpuan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.199-205

Article Metrics

Abstract view : 2044 times
PDF - 1267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id